Dispora Kalsel Coba Bangkitkan Catur Kalsel dengan Festival Pertandingan Catur se Kalsel

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Festival Pertadingan catur cepat terbuka se Kalimantan Selatan piala Gubernur Kalsel resmi di gelar di Aula Rektor ULM Banjarmasin.

Kegiatan dibuka dengan Pertadingan eksebisi antara Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra Sekretariat Daerah Kalimantan Selatan (Kalsel), H Nurul Fajar Desira melawan Wakil Ketua Percasi Kalsel M Amin.

Nurul Fajar Desira mengatakan kegiatan festival olahraga catur cepat ini sebagai bagian dari proses pembinaan dan pengembangan catur yang harus terus di lakukan.

“Pengembangan catur harus dilakukan sedini mungkin mengingat permainan olah pikir ini cukup kompleks dan penuh strategi sehingga memerlukan latihan yang intens,” kata Fajar saat membacakan sambutan tertulis Gubernur, Sabtu (25/6/2022).

BACA JUGA:  Ini Tujuan BP dan BK DPRD Kalsel Kunker ke Luar Daerah

Menurutnya, Kalsel patut berbangga karena
salah satu dari 10 provinsi penyumbang pecatur bergelar terbanyak di indonesia.
Potensi besar pemain catur banua untuk menembus kancah nasional dan internasional sangat terbuka lebar.

“Saya harapkan KONI daerah dan Percasi Kalsel dapat lebih sering mengadakan event pertandingan catur, bahkan kejuaraan sebagai langkah untuk mendongkrak rating para pecatur banua agar lebih mudah mencapai gelar fide master bahkan menjadi grandmaster indonesia,” ujarnya

Oleh karena itu kepada para peserta yang bertanding di kejuaraan ini dapat memberikan kemampuan terbaik, dan selalu berusaha keras disetiap pertandingan.

“Kenali dan pahami berbagai strategi dalam permainan catur. teruslah berlatih agar dapat selalu mengembangkan permainan. menjadi grandmaster catur tentunya memerlukan proses panjang, diperlukan keseriusan, ketekunan, keuletan dan kemampuan untuk selalu bangkit dari setiap kegagalan,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Pekerja PT SAM Relakan Gaji untuk Bantu Banjir Barabai

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah mengatakan kegiatan festival catur cepat piala paman birin ini diikuti kurang lebih 146 pecatur se Kalsel dan diikuti oleh pecatur gelar grand master.

“Tentu ini membanggakan dan bukti keseriusan Pemprov Kalsel dalam mengembangkan olahraga catur di banua,” kata Hermansyah.

Menurutnya, ajang ini juga sebagai wadah untik menjaring bibit-bibit muda pecatur melalui  kompetisi. Sehingga mereka bukan hanya latihan tapi juga berkompetisi.

“Mudah-mudahan acara seperti ini akan terus di programkan sehingga olahraga catur bisa menjadi andalah Kalsel di even nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Editor : Ahmad Yani

Pos terkait