Paman Birin Bantu Warga Sengayam Dalam Mengatasi Air Baku

  • Whatsapp
Paman Birin Bantu Warga Sengayam Dalam Mengatasi Air Baku

Wartaniaga.com,Kotabaru- Air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat terutama untuk masyarakat Desa Sengayam, Kecamatan Pamukan Barat, Kabupaten Kotabaru. Sehubungan itu Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berusaha keras mewujudkannya agar kebutuhan dasar masyarakat ini terpenuhi.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengatakan pemenuhan kebutuhan dasar ini tak semudah sulap, yang dalam sekejap langsung ada.

“Perlu waktu dan proses birokrasi yang harus kita tempuh untuk memenuhi itu semua,” ucapnya Senin (9/3).

Paman Birin Bantu Warga

Diakui Paman Birin panggilan akrab Gubernur Kalsel, bahwa pembangunan prasarana air baku Sengayam saat ini sangat penting dikarenakan seringnya terjadi permasalahan kekurangan ketersedian air baku terutama pada musim kemarau.

BACA JUGA:  Pernikahan Dini Picu KDRT dan Perceraian

Mengingat, keterbatasan air baku salah satunya disebabkan adanya intrusi air asin yang masuk ke sungai serta menurunnya daya dukung lingkungan sebagai dampak berubahnya tataguna lahan.

Paman Birin Bantu Warga2

“Kondisi ini menyebabkan debit air untuk Perusahaan Daerah Air Minum mengalami pengurangan,” ujarnya.

Hal ini juga berakibat pada pemenuhan pasokan kebutuhan air sehari-hari untuk masyarakat juga terganggu.

Adapun bangunan dari prasarana air baku itu terdiri dari pintu screen 5 buah, manhole 3 buah, tanggan monyet 1 set, pipa HDPE 8 inc/10mm 40 m1, Pompa centrifugal 1 unit, dan Pompa submersible 1 unit.

“Alhamdulillah, semoga persoalan kekurangan air baku di Sengayam Kotabaru sudah bisa teratasi dengan dibangun pompa sebagaimana tersebut diatas” pungkasnya.

BACA JUGA:  Walikota Banjarmasin Serahkan Bantuan Ratusan Paket Sembako Pada Warga Binaan

Reporter/foto : Aditya
Editor : Erwand

Pos terkait