Pertamina Kembangkan Desa Wisata Pulau Curiak dalam Meraih Kandidat Emas PROPER 2021

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin-Banyaknya enceng gondok disungai Martapura Pertamina bekerja sama dengan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin ciptakan Sega, sabun anti korosi pertama di Indonesia.

Selain itu, Pertamina Intergrated Terminal (IT) juga bekerja sama dengan ULM serta Sahabat Bekantan Indonesia meningkatkan kembali kawasan Habitat Bekantan yang berada di Pulau Curiak Muara Anjir Kabupaten Batola.

Kepedulian Pertamina IT dalam membantu mengembangkan dan melestarikan kawasan Pulau Curiak sebagai kawasan hutan mangrove dan habitat Bekantan di Kalimantan Selatan.

Penilaian peraih kandidat Emas PROPER 2021 dilakukan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada Pertamina IT rencananya hari ini Kamis, 2/12/2021 secara virtual.

Salah satu tokoh masyarakat disekitar pulau Curiak Suyanto mengatakan bahwa sebelumnya masyarakat berprofesi sebagai petani dan nelayan diseputaran hutan mangrove di sekitar pulau Curiak.

BACA JUGA:  Tahun 2019, Bea Cukai Kalbagsel Berhasil Lampaui Target Penerimaan

“Karena kurangnya pengetahuan banyak masyarakat disekitar pulau menjual tanahnya untuk docking tongkang, otomatis kehidupan ikan akan terganggu dan satwa Bekantan terancam,”ujarnya.

Bersama PT Pertamina Banjarmasin berkolaborasi dengan Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) dalam melakukan perubahan alam dan masyarakat dikawasan tersebut.

L

Pos terkait