Pemkab HSU Teken MuO Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin-Bersama Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalimantan Selatan (Kalsel), Pemkab Hulu Sungai Utara (HSU) menandatangi nota kesepahaman (MoU) dalam rangka meningkatkan sinergi pengelolaan fiskal dan perekonomian yang kuat untuk kesejahteraan Kabupaten HSU.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalsel, Sulaimansyah, S.E mengatakan ada 2 agenda dalam pertemuan ini yang pertama penyerahan piagam WTP yang mana diserahkan oleh Kementerian Keuangan RI kepada Pemkab HSU yang telah berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian, bahkan terhitung kali ini sudah 6 kali berturut-turut.

“ Adanya penghargaan ini tidak hanya menjadi semangat untuk mempertahankan prestasi tapi juga feedback dari kebijakan keuangan daerah bisa betul-betul dirasakan manfaatnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya, Rabu (1/12).

Menurutnya MoU ini ini bertujuan meningkatkan sinergi pengelolaan fiskal dan perekonomian yang kuat untuk kesejahteraan Kabupaten HSU.

BACA JUGA:  45 Anggota DPRD Kota Banjarmasin Hari ini Resmi Dilantik

“ Sinergi yang terjalin selama ini antara Pemkab HSU dengan kami sangat baik menyangkut APBD maupun APBN bagaimana progres dan realisasinya, sehingga penyerapan anggaran menjadi lebih baik,” terang Sulaimansyah.

Diketakannya, Menteri Keuangan RI meminta sinergi ini lebih ditingkatkan lagi dengan mengembangkan beberapa aspek diantaranya melakukan kajian dampak perekonomian terhadap fiskal di daerah dan sebaliknya melakukan analisis dan evaluasi penyerapan belanja APBD dan APBDes, mendampingi Pemda dalam menghubungkan berbagai kebijakan fiskal pusat dengan kebijakan fiskal daerah, serta pembinaan kualitas pengelolaan keuangan daerah.

Terhitung sampai tanggal 30 November 2021, total realisasi penyaluran Dana DAK Fisik Kabupaten HSU sebesar 53% dari pagu sebesar Rp. 86 Milyar sedangkan total realisasi penyaluran Dana Desa Kabupaten HSU sebesar Rp.172,1 Milyar atau 99,85% dari pagu sebesar Rp.172,3 Milyar.

BACA JUGA:  Insan Pers Berperan Besar dalam Pembangunan Kalsel

“Pemerintah Pusat sudah menyediakan anggaran maka sangat disayangkan bila tidak dioptimalkan” ungkap nya.

Sulaiman juga menambahkan nantinya pihaknya akan melakukan kerjasama dengan Pemda untuk membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di HSU, dalam hal ini Disperindagkop dan UKM HSU melalui peningkatan akses pembiayaan UMKM melalui Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang merupakan bagian dari penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,

“Jadi KUR yang bunganya semula 6% akan kami subsidi bunga sebesar 3%” terangnya.
Lanjutnya lagi Selain itu juga ada Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMI) yang bertujuan menyediakan pembiayaan yang mudah dan cepat untuk usaha mikro yang tidak difasilitasi oleh KUR. Jadi kita bisa bantu UMKM dengan Pembiayaan Ultra Mikro melalui Disperindagkop dan UKM HSU
Plt. Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc bersyukur melalui pertemuan ini selain mempererat tali silaturahmi kita juga dapat banyak informasi guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten HSU.

BACA JUGA:  Wali Kota Banjarmasin Minta Pol PP Terus Pantau Aktivitas THM

Husairi berterimakasih atau pembinaan dan koordinasi yang terjalin selama ini sehingga Kabupaten Hulu Sungai Utara bisa meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian hingga 6 kali berturut-turut.

Husairi juga mengucapkan terimakasih atas kerja keras jajaran BPKAD dalam mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya sebagaimana yang diminta oleh Kementerian Keuangan.

“Apa yang menjadi masukan dari Kementerian Keuangan selalu kita koordinasikan dengan BPKAD HSU” ungkapnya.

Reporter : Darma Setiawan

Editor : Aditya

L

Pos terkait