Paman Birin Dukung Layanan Pembuatan Sertifikat Tanah Gratis

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin– Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berikan atensi khusus terhadap program pelayanan pembuatan sertipikat tanah gratis kepada rakyat.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengatakan kebijakan pemerintah melalui Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) harus didukung segenap komponen.

“Daerah kita diberikan kuota besar untuk pensertifikatan tanah gratis,” terang Paman Birin sapaan akrab beliau usai menerima kunjungan kerja Kakanwil BPN Kalsel, Alen Saputra, di kediaman jabatan, Senin (13/7) pagi.

Selain itu, terkait kebijakan pro rakyat, Gubernur berharap pemerintah daerah termasuk para kepala daerah bergandengan tangan untuk turut mensukseskan.

Meskipun di tengah pandemi Covid 19 pelayanan publik kepada masyarakat harus tetap maksimal. Caranya tentu dengan penerapan sistem kerja terukur dan mengedepankan protokol kesehatan.

BACA JUGA:  Marbot di Banjarmasin Bakal Terima BPJS Ketenagakerjaan

Ia juga berharap program pro rakyat ini harus dibantu untuk terus disosialisasikan. Sebab masih banyak masyarakat atau pemilik tanah di Kalsel yang belum memiliki sertipikat atas tanahnya.

“Ayo, segera daftarkan dan ikuti program PTSL ini. Tujuannya agar tanah kita aman dan tidak terjadi sengketa di kemudian hari. Dan yang paling penting adalah administrasi pertanahan kita menjadi lebih baik,” ajak Paman Birin.

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

Program yang populer dengan istilah sertifikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

BACA JUGA:  Pemuda Pramuka Diharapkan 'Melek' Teknologi

Selain itu nantinya, masyarakat yang telah mendapatkan sertipikat dapat menjadi sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan (BPN) Kalsel, Alen Saputra mengatakan metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, yaitu sandang, pangan, dan papan.

Pos terkait