Desa Banyu Hirang Terpilih Jadi Kampung Tangguh HSU

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Desa Banyu Hirang Kecamatan Amuntai Selatan Kebupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terpilih sebagai Kampung Tangguh saat pendemi Covid-19 ini,

Penobatan tersebut dikarenakan desa tersebut memiliki ketangguh dalam ketahanan pangan (logistik), tangguh sumber daya manusia (SDM), tangguh dalam kesehatan, tangguh keamanan dan ketertiban, tangguh budaya dan tangguh informasi, serta tangguh psikologi.

Kepala Desa Banyu Hirang, Heliyani mengatakan bahwa desa tersebut di masa pendemi masih bisa bertahan baik di bidang ketahanan pangan ataupun bidang lainnya.

“Untuk saat ini atau di masa pendemi Covid-19, kehidupan atau aktivitas masyarakat di desa ini masih bisa bertahan terutama di bidang ketahanan pangan,” ujar Heliyani kemaren.

BACA JUGA:  Sambut Natal dan Tahun Baru, Polres Tala Gelar Operasi Lilin Intan

Ia membeberkan sektor perikanan ada kegiatan budidaya ikan di keramba apung dan kolam, di sektor peternakan disiapkan kandang apung, dan di sektor budidaya tanaman telah disiapkan lahan kurang lebih 50 hektar.

Di samping itu, pada sektor industri rumah tangga, masyarakatnya melakukan kegiatan anyaman purun dan eceng gondok. Kerajinan ini terus berkembang bahkan di masa pandemi Covid-19.

“Semua sektor tadi kami siapkan untuk dikelola atau dikerjakan oleh masyarakat terdampak Covid-19 atau para penerima manfaat khususnya di desa Banyu Hirang ini,” jelasnya.

Heliyani menambahkan, masyarakat yang ada merupakan pekerja keras sehingga sumber daya alam yang ada di desa hampir semua dimanfaatkan.

Pos terkait