Jurnalis Harus Punya Diffrensiasi dalam Menulis Berita

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Menyediakan informasi yang diperlukan publik sehingga bisa memutuskan atau mengatur diri sendiri itulah yang dimaksud “Jurnalisme”.

Demikian disampaikan Jamalul Insan Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers saat webinar dalam acara Refreshment Wartawan yang diadakan BI KPw Provinsi Kalimantan Selatan Banjarbaru, Sabtu 4 Desember 2021.

“Kita seorang Jurnalis harus punya perbedaan (Diffrensiasi) dalam menulis berita, jangan hanya terpaku dengan rilis,”ujarnya.

Dia juga menambahkan bahwa, keekslusifan berita mendapat berkah atau liputan terencana. Investigasi dengan melengkapi kedalaman dan kelengkapan berita dengan menggali lebih banyak data.

“Data yang banyak memudahkan kita dalam penulisan berita sehingga tersampaikan kepada masyarakat lebih baik dan terpercaya,”terang pimpred MNC News ini.

BACA JUGA:  50 Aset Pemko Banjarmasin Disertifikasi

Bagaimana dengan “Jurnalisme Data”, lebih lanjut dia membeberkan “Membuat berita dengan memanfaatkan big data, mencari jawaban tertentu, memanfaatkan software pengolahan data untuk menghasilkan berita. Yakni data diolah, dianalisis dan divisualisasikan.

Dalam Jurnalisme Data, seorang jurnalis harus mencari, menganalisis, hingga menyajikan data untuk keperluan pemberitaan. Jurnalisme data adalah kerja jurnalistik yang mengandalkan kekuatan data (big data) dan didukung teknologi terkini.

“Untuk itu jurnalis harus jeli dan kritis dalam memahami data, sehingga menghasilkan sebuah cerita/berita dengan argument yang dapat dipertanggungjawabkan,”tutupnya.

Sementara itu, Rakhmat Pratama Analis Unit Kehumasan BI Provinsi Kalimantan Selatan yang juga memandu acara ini mengatakan bahwa kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan para jurnalis khususnya yang tergabung dalam press room KPw BI Kalimantan Selatan dalam membuat berita berhubungan dengan data.

BACA JUGA:  Gencar Laksanakan Vaksinasi, RS TNI AU Sjamsudin Noor Siap Berikan Layanan Terbaik

“Selain sebagai refreshment kepada para jurnalis ajang ini juga merupakan sinergisitas dan silaturahmi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan,”pungkasnya.

Editor : Eddy Dharmawan

L

Pos terkait