Antisipasi Bencana, BPBD Balangan Mantapkan Koordinasi Bersama Relawan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Paringin – Meningkatkan koordinasi dan menyamakan persepsi antar relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan menggelar apel konsolidasi relawan bencana di kabupaten Balangan, di samping Masjid Al Akbar Balangan, Kamis (09/12).

“Kita harapkan dengan adanya apel ini, kita dapat menyamakan persepsi dan menyatukan langkah, dalam penanganan penanggulangan bencana di Kabupaten Balangan, “sebut Plt Kepala BPBD Balangan, H Rahmi.

Ia juga menyampaikan beberapa penyampaian yang pertama adalah komando operasi ada di posko induk.

“Jadi setiap kegiatan dari relawan manapun yang ingin berpartisipasi dalam penanggulangan dan penanggulangan bencana ketika terjadi, agar berkoordinasi di posko induk terlebih dahulu yang posisinya akan tetap berada di depan Masjid Al Akbar Balangan,” terangnya.

BACA JUGA:  Balida Gelar Gebyar Potensi Desa Dengan Pamerkan Produk Unggulan

Selanjutnya yang kedua, penyampaian terkait distribusi bantuan, agar selalu berkoordinasi jangan bergerak sendiri sendiri, agar tepat sasaran.

“Saat ini kita masih dalam Situasi darurat bencana hingga tanggal 12 Desember mendatang, dan berpeluang untuk di perpanjang lagi melihat situasi dan kondisi beberapa hari kedepan,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta apel dalam kegiatan ini, tim Rescue dari satu perusahaan tambang raksasa yang ada di Kalimantan Selatan yakni PT Adaro Indonesia, menyebutkan kalau pihaknya selalu siap dalam melakukan penanggulangan dan penanganan bencana di daerah kabupaten Balangan khususnya serta daerah lainnya.

Dari tim yang disiapkan oleh PT Adaro Indonesia sendiri semuanya telah terlatih sesuai dengan tupoksinya dan dapat diandalkan ketika kejadian.

BACA JUGA:  Ketua Persit KCK Cabang XXIV Kodim 1001/HSU-BLG Hadiri Maulid Nabi Muhammad S.A.W

“Kami akan selalu bekerjasama apabila ada panggilan, kami dari PT Adaro Indonesia selalu siap, apalagi kalau itu ring satu,” sebut Supervisor IP&R HsE PT Adaro Indonesia Alboin Rogers Panekenan.

Selain di wilayah ring 1 pihaknya juga siap memberikan bantuan ke seluruh Indonesia. Salah satu rukun dirinya beberapa waktu lalu juga ikut berpartisipasi di Lumajang dalam rangka kemanusiaan.

Reporter : Siti Nurjanah

Editor : Aditya

L

Pos terkait