Tingkatkan Kualitas, Sejumlah Pengrajin Anyaman Purun HSU Dapat Pelatihan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmikan pelatihan teknis kerajinan Anyaman Purun.

Patihan tersebut berlangsung selama 6 hari dari tanggal 13 sampai 18 Oktober 202. Diikuti sebanyak 20 orang pengrajin yang dilaksanakan dikantor Desa Pasar Sabtu Kecamatan Sungai Tabukan, Rabu (13/10).

Ketua Dekranasda Kabupaten HSU, Hj Anisa Rasyidah Wahid mengatakan adanya kegiatan tersebut tentu untuk mengembangkan kreatifitas para pengrajin agar dapat memperbanyak jenis barang kerajinan dari purun ataupun mempercantik lagi hasil kerajinannya.

“Pelatihan ini untuk dijadikan sebagai wadah menimba ilmu pengetahuan,” ucapnya.

Ia berharap dengan pelatihan itu dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas kerajinan yang ada di Desa Pasar Sabtu.

BACA JUGA:  Dandim 1009 Pelaihari : Semoga tidak ada Kluster Baru di Tengah Banjir

“Semoga meningkatkan kualitas anyaman purun para pengrajin di Desa Pasar Sabtu,” harapnya.

Lanjut, dengan dilaksanakannya kegiatan hari itu dapat memberikan dampak yang baik kepada para pengrajin agar semakin maju dan sukses.

Sementara itu, Kabid Perinsdustrian Disperindagkop HSU, H Muhammad Yani mengatakan kegiatan itu merupakan program kerja Disperindagkop HSU untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Selain menambah wawasan, pengalaman dan keterampilan juga diharapkan ada nilai tambah yang didapat,” bebernya.

Adapun pelatihan seperti penerapan motif-motif dan juga desain anyaman purun yang biasanya hanya menganyam tikar. Setelah pelatihan ini nanti juga bisa membuat topi ataupun tas dan lain-lain dari bahan purun ini.

Reporter: Darma
Editor: Aditya

L

Pos terkait