Alat Pembuat Bricket Karya Mahasiswa ULM Jadi Kebanggan Anggota DPR RI

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin, – Warga di Kampung Ketupat, Kelurahan Sungai Baru, Banjarmasin Tengah merasa gembira ketika menerima dua set alat pembuat bricket sebagai bahan bakar memasak.

Alih teknologi pembuatan bricket serbuk kayu gergaji sebagai energi alternatif pada industri rumah tangga ini merupakan hasil karya mahasiswa ULM Banjarmasin,

Alat ini menjadi produk teknologi yang diseminasikan ke masyarakat dan difasilitasi oleh Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Tahun Anggaran 2021.

Hasnuryadi Sulaiman, anggota DPR RI Komisi VII, mengungkapkan syukur dan rasa bangganya atas keberhasilan mahasiswa-mahasiswi ULM ini dalam mengembangkan produk teknologi pada industri rumah tangga.

“Alhamdulillah, alat ini merupakan alih teknologi pembuatan bricket dari serbuk gergaji dan ini diperuntukkan bagi warga di Sungai Baru yang profesinya banyak sebagai pelaku UMKM pengolahan ketupat dan lontong,” ujarnya, usai menyerahkan alat pembuat bricket kepada warga, Jumat (8/10) sore.

BACA JUGA:  Cegah Covid 19, Sekretaris DPRD Kalsel Berlakukan Pola Ganjil Genap

Tokoh muda yang kerap disapa Hasnur ini berharap, alat ini bisa bermanfaat bagi pelaku UMKM setempat, dan dapat mengurangi biaya produksi dalam pengolahan ketupat dan lontong.

Menurut Hasnur, alih teknologi memang seyogyanya dimanfaatkan untuk membantu dan mempermudah pekerjaan kita.

“Kami juga berterimakasih kepada Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) yang telah memberikan support kepada kami di Komisi VII dalam mendukung anak-anak bangsa yang berkarya dalam ahli teknologi,” ucapnya.

Hasnur berharap, ke depannya akan banyak tercipta alih teknologi lainnya yang akan mempermudah kehidupan manusia.

“Apalagi, di masa pandemi ini kami ikut berusaha menggerakkan roda perekonomian melalui UMKM,” imbuhnya.

L

Pos terkait