Vaksinasi Ponpes di HSU Sudah 60 Persen

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai- Vaksinasi bagi santri Pondok Pesanteren (Ponpes) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sudah mencapai 60 persen. Demikian diungkapkan Plt. Dinas Kesehatan Kab. HSU, Danu F Fotohena, saat penyerahan penyelenggaraan Program Vaksinasi Bergerak Pemprov Kalsel di Ponpes Rasyidah Khalidiah (Rakha) Jum’at (8/10) malam.

Ia menjelaskan pelaksanaan vaksinasi di Ponpes ini sudah 3000 dosis dari jumlah Santri sekitar 5000. “ Masih ada sekitar 1500 sampai 2000 lagi yang belum divaksin tentunya itu yang jadi target berikutnya,” ujarnya.

Diungkapkannya, dalam pelaksanaan vaksinasi di Ponpes Rakha sendiri ada 500 dosis yang diberikan saat pelaksanaan Program Vaksinasi Bergerak. ” Sebanyak 500 dosis atau 500 sasaran pada hari ini,”tambahnya.

BACA JUGA:  Sosialisasi &  Bimtek Innovatif Goverment Award (IGA ) Tahun 2021

Sementara itu, dirinya juga mengungkapkan target vaksinasi penduduk HSU dari 176.000 sudah melakukan vaksinasi untuk dosis 1 sebanyak 44.000 dosis dari totalnya 66.000 dosis yang telah disiapkan.

“Jadi kalo secara persentase itu vaksinasi dosis 1 sekitar 24 persen dari sasaran kita yaitu 176.000 sampai 226.000 penduduk HSU yang akan ditargetkan vaksinasi,” jelas Danu.

Dirinya berharap dibulan Desember sudah mencapai 50 persen dengan catatan suplai vaksin lancar ke Kabupaten HSU.

“Selama ini kendalnya memang vaksin tidak begitu lancar suplainya sehingga kita kesulitan untuk memberikan vaksinasi ke masyarakat hari ini saja dosisnya yang tersisa per kemarin yaitu 550 dosis aja lagi” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengatakan telah mempersiapan vaksin untuk semua kabupaten dan kota yang ada diprovinsinya.

BACA JUGA:  Turut Andil Renovasi Tugu Munggu Raya, PT AGM Dapat Apresiasi dari Pemkab HSS

“Pemerintah provinsi dapat dari pemerintah pusat, jadi habiskan ,kalo habis minta lagi karena ini memang salah satu cara bagaimana kita bisa lepas dari belenggu yang namanya covid – 19 dan bahkan Vaksin adalah satu cara, barangkali kita bisa umrah lagi, bisa naik haji lagi,” ucapnya.

Reporter : Ahmad Syarif
Editor : Aditya

L

Pos terkait