Ketua DPRD Kalsel Usulkan Nama Stadion 17 Mei Menjadi Stadion Sulaiman HB

  • Whatsapp
Foto : istimewa

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Stadion 17 Mei yang selama ini menjadi home base klub Liga 1, PS Barito Putera, hingga sampai saat ini masih dalam proses renovasi total.

Proses renovasi, Stadion yang mencatat banyak sejarah persepak bolaan di Banua ini telah dilakukan sejak tahun 2019 lalu, namun hingga sekarang proses renovasi tersebut masih belum kunjung selesai.

Hal ini dikarenakan sebagian besar anggaran untuk proses renovasi Stadion yang berkapasitas 30.000 penonton tersebut harus dialihkan untuk penanganan Covid-19 yang melanda Indonesia secara global.

Sementara itu, Ketua DPRD Kalimantan Selatan, Supian HK menyampaikan bahwa kedepannya setelah dilakukan renovasi total terhadap stadion tersebut. Ia mengharapkan adanya kenang-kenangan bagi salah seorang tokoh olahraga banua.

Salah satu upaya tersebut yakni memberikan nama gedung baru terhadap stadion 17 Mei dengan Stadion Sulaiman HB.

BACA JUGA:  240 Atlet Catur Adu Otak Rebutkan 80 Juta

Supian HK menyampaikan bahwa semasa Almarhum H Abdussamad Sulaiman HB (H Leman) dulu, dunia olahraga di Banua mengalami peningkatan.

Seperti PS Barito Putera yang hingga sampai saat ini terus berkiprah di kasta tertinggi persepakbolaan Indonesia.

Kemudian ia juga menerangkan bahwa semasa Almarhum H Leman menjadi ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Kalsel berhasil menyumbangkan sebanyak 13 Emas di ajang kejurnas Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) di Bengkulu.

“Untuk itu kami mengusulkan untuk gedung stadion nanti di paripurnakan, mudah-mudahan rekan-rekan fraksi di DPRD Provinsi Kalsel bisa menyetujui usulan nama Stadion Sulaiman HB,”terannya.

Hal serupa juga pernah diungkapkan, Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Rosehan Noor Bahri yang berkeinginan stadion itu nantinya bisa berskala Internasional.

BACA JUGA:  Banjarmasin Akan Gelar Lomba Memancing dengan Kostum

Dimana ia mengatakan, keinginan tersebut sudah ada saat dirinya menjabat sebagai Wakil Gubernur Kalsel yang berpasangan dengan Rudy Ariffin di periode 2005-2010.

Agar suatu hari nanti ada pertandingan yang berskala Internasional bisa dilangsungkan di Banjarmasin.

Sehingga jika ada kesempatan even-even Nasional maupun Internasional pihaknya bisa menyelaraskan dengan keinginan-keinginan sebelumnya.

Selain itu, ia juga berkeinginan jika nama stadion 17 Mei diganti dengan nama tokoh.

“Maaf jika saya salah, saya juga berharap secara pribadi mengusulkan seperti jalan yang diberi nama tokoh, alangkah jika stadion 17 Mei juga diganti dengan nama tokoh,” tuturnya.

Seperti stadion 17 Mei Sulaiman H Basirun, sebagai bentuk penghargaan kepadanya, yang mana sampai saat ini persepakbolaan di Kalsel ketika melihat namanya seperti melegendakan nama kesebelasan Barito Putera.

BACA JUGA:  195 Atlet NPC Kalsel Dilepas Ke Peparnas

Menurutnya, seperti yang dikatakan Almarhum Abdussamad Sulaiman HB atau lebih dikenal masyarakat sebagai H Leman melalui sepak bola itu, maka terjalinlah silaturahmi dan keakraban.

“Saya rasa tidak pernah ada olahraga yang membedakan politik, seperti saat PS Barito berlaga tidak ada yang membedakan partai politik maupun pedagang, semuanya datang dan mendukung,” tuturnya.

Karena itu, ia menginginkan nama stadion sebagai penghargaan kepada H Leman sebagai tokoh yang membawa nama Kalsel di persepakbolaan Indonesia.

“Mudah mudahan keinginan saya dapat dikabulkan sebagai salah satu bentuk penghargaan dan kenang-kenangan bagi salah seorang tokoh banua yang pernah mengangkat dunia olahraga di Banua,” ucapnya, namaun saya tetap menghormati Komisi IV yang membidangi tentang kesra tersebut,” pungkasnya.

Reporter : Ahmad Syarif
Editor : Ahmad Yani

L

Pos terkait