Perpustakaan Terapung, Belajar dan Berwisata di Kota Seribu Sungai

  • Whatsapp
Ilustrasi Perpustakaan Apung

Wartaniaga.com, Kalimantan Selatan adalah salah satu Provinsi yang ada di Indonesia dan provinsi tersebut terletak di Pulau Kalimantan, khususnya terletak pada lokasi Selatan dari pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Selatan yang mempunyai luas 38.744 km² beribukota kan Banjarmasin, yang dimana Banjarmasin terkenal di Indonesia bahkan mancanegara dengan julukan Kota Seribu Sungai atau dalam bahasa Inggrisnya City of Thousand River.

Bicara tentang Kota Banjarmasin, sesuai dengan julukannya, banyak sekali kegiatan baik itu dalam transportasi hingga perdagangan beberapa masih di lakukan di atas sungai, dimana seperti kegiatan perdagangan seperti Pasar Terapung masih eksis hingga saat ini dalam kehidupan penduduk kota Banjarmasin.

Kehidupan diatas sungai masih berlangsung bahkan saat ini masih banyak pemukiman penduduk yang berada di pinggiran sungai Martapura. Kelebihan yang dimiliki ini harus bisa dimanafaatkan dengan baik, terlebih khsusus untuk memajukan pariwisata yang adad di Banjarmasin.

BACA JUGA:  Melawan Covid-19

Berhubung sungai yang kita miliki mampun menampung kapal-kapal yang ukurannya mulai dari yang kecil hingga ukuran yang sedang, maka lebih baik kita manfaatkan untuk dua tujuan besar yakni sebagai penambah sarana di sektor pendidikan dan sektor pariwisata, diharapkan kedua sektor ini bisa bekerjasama dan memberikan keuntungan bagi kota Banjarmasin.

Gagasan yang menurut saya dapat memajukan sektor Pariwisata dan Pendidikan di Banjarmasin adalah Perpustakaan Terapung, menurut pengamatan saya, perlu hal yang baru untuk menarik minat dari masyarakat maupun wisatawan lokal maupun mancanegara apabila kita mengetahui fakta bahwa perpustakaan saat ini bisa dibilang sepi peminatnya dan yang datang hanyalah orang-orang yang mempunyai tujuan khusus seperti mencari sumber bacaan untuk pembuatan skripsi, ataupun terkadang digunakan oleh oknum-oknum untuk perbuatan yang tidak pantas seperti pacaran di dalam perpustakaan, diperlukan sebuah inovasi baru dimana perpustakaan tersebut menjadi sebuah bintang baru ataupun sebagai tempat belajar sekaligus berwisata mengenal bagaimana dari dulu hingga sekarang peran sungai Martapura sangat lah vital bagi kehidupan masyarakat Banjar.

BACA JUGA:  De Porang Logika, Konsep Bertani Pintar dengan Sistem Pendampingan

Perpustakaan Terapung ini, didesain untuk kepentingan pariwisata Banjarmasin dan sekaligus menjadi tempat yang bagus untuk berinovasi pada sektor pendidikan di Banjarmasin, dimana perpustakaan ini dibuat sebagai upaya baru untuk menarik minat masyarakat terlebih khusus para pelajar dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Dengan suasana santai ditemani dengan semilir angin yang bertiup pelan memberi kesan yang tenang untuk menikmati bacaan sambil berwisata berkeliling sungai.

Konsep yang saya ingin berikan adalah perpustakaan tersebut adalah kapal yang berukuran sedang bertingkat 2 tanpa atap yang menutupi, hal ini bertujuan memberi kesan yang santai bagi para penumpang di dalamnya, ditambah kita bisa memilih buku-buku yang ada didalamnya tentang sejarah kota Banjarmasin ini bermula dan diselingi juga oleh para guide wisata yang berpengalaman serta wawasan yang luas untuk menceritakan setiap detail hal-hal yang membuat kota seribu sungai ini sangat menarik.

BACA JUGA:  Dhuafa tak Boleh Bersuara

Apabila diatas kita bisa menikmati alam yang terbuka tanpa atap yang menanunginya serasa berada di alam bebas lautan, maka dibawahnya bisa didesain dengan tampilan perpustakaan yang kekinian bahkan dapat menjadi sebuah spot berfoto yang indah untuk diabadikan.

L

Pos terkait