Ilham Bintang: Pesan Kepada Kawan

  • Whatsapp
Ilham Bintang Pesan Kepada Kawan

Wartaniaga.com – Catatan menarik atas kegelisaan seorang Ihlam Bintang terhadap perkembangan dunia digital dalam memasuki era revolusi industri 4.0 yang merontokkan media media berbasis cetak, mengubah segala sendi kehidupan kita. Di era serba cepat ini pula informasi berubah detik per detik, bak meteor. Tulisan ini dia persembahkan untuk publik Indonesia khususnya para penggiat media daring, sempena Hari Pers Nasional 2020 yang kali ini dipusatkan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

PENDIRI media on line berita politik Republik Merdeka On Line ( RMOL), Teguh Santosa, mengundang saya. Ia mewanti- wanti jauh hari supaya hadir dalam acara deklarasi pembentukan wadah berhimpun media-media on line, atau media siber. Nama wadahnya : Jaringan Media Siber Indonesia.

BACA JUGA:  Hari Pangan Sedunia, Bangkitkan Indonesia sebagai Negara Agraris

Teguh Santosa wartawan muda. Selalu gelisah — syarat mutlak yang memang harus dimiliki oleh seorang wartawan. Yang lebih tertarik mencari dan meneliti sesuatu di balik sebuah peristiwa. Mengulik latar belakang sebuah fakta. Selalu bergelut dengan gagasan dan pemikiran baru. Dan, dia juga pantang menyerah untuk mewujudkan gagasannya. Begitu bacaan saya tentang dia sejak mengenalnya beberapa tahun lalu. Itu sebabnya saya menarik dia memperkuat Dewan Kehormatan PWI Pusat yang saya ketuai — meski dari segi usia dia belum cukup. Tapi karena pertimbangan soal “ kegelisahan” itu, urusan batas umur saya turunkan derajatnya menjadi urusan tehnis. Seperti halnya ketika saya lebih memilih kriteria kompetensi daripada lihat ijazah staf yang saya rekrut di kantor. Sejak dulu.

Pos terkait