Permukaan Air Laut Meninggi Ditengarai Air Pasang Dalam Beberapa Hari Ini

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Dalan beberapa hari terakhir, beberapa ruas jalan di Kota Banjarmasin kembali tergenang air, Peningkatan debit air ditengarai jadi salah satu sebab.

Mengingat tak ada hujan deras, Menurut Plt Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Doyo Pundjadi, hal itu disebabkan efek gravitasi bulan, sehingga permukaan air laut meningkat.

Hal itu sesuai dengan informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang keadaan cuaca untuk cerah berawan. “Pada saat gerhana muncul biasa terjadi debit air pasang,” paparnya, kemarin.

Doyo menegaskan bahwa fenomena alam tersebut berbeda dengan musibah banjir di awal tahun 2021 lalu. Dimana air pasang disertai curah hujan yang tinggi menyebabkan sungai kecil meluap.

BACA JUGA:  Meski Kabut, Warga Panti di Banjarbaru Antusias Ikuti Baksos Pekan Kerja Nyata

Sedangkan saat ini hanya terjadi pasang surut air dampak dari gerhana bulan, dan tidak disertai intensitas hujan tinggi.

“jadi ini tentu berbeda dan tidak bisa dikatakan banjir,” ucapnya.

Kendati demikian ia mengakui akibat dari fenomena alam tersebut, berdampak kepada aktivitas dan kenyamanan masyarakat, khususnya bagi mereka yang bermukim di pinggiran sungai.

Untuk itu, pihaknya mulai mengerahkan pasukan turbo sebagai antisipasi dan menangani genangan air di beberapa titik ruas jalan. Dengan membersihkan saluran air yang mampet agar bisa dapat mengalir lancar.

 

Penulis : Ahmad Yani

L

Pos terkait