Hasnur Dianugerahi Gelar Kehormatan Datu Dharmalaksana Hikmadiraja di Milad Kesulatanan Banjar ke-516

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Kesultanan Banjar saat ini telah berusia 516 tahun. Memperingati momentum tersebut, Kesultanan Banjar memberikan anugerah gelar kehormatan kepada sejumlah tokoh banua, pelaku seni budaya, penjaga lingkungan hingga pegiat kuliner.

Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, penganugerahan gelar tersebut dilaksanakan di salah satu Hotel di Jalan A Yani. Banjarmasin, Ahad (13/62021).

Salah seorang penerima gelar adalah tokoh muda Kalsel, H Hasnuryadi Sulaiman, putera ke-4 dari mendiang tokoh Banua Almarhum Abdussamad Sulaiman HB (H Leman) dan Almarhumah Hj Nurhayati.

Kepada Hasnuryadi, Kesultanan Banjar memberikan gelar kehormatan Datu Dharmalaksana Hikmadiraja. Sebuah anugerah gelar keagungan/kehormatan atas jasa dan dedikasinya dalam melakukan darma kebaikan, keadilan dan kebajikan sosial kemasyarakatan.

BACA JUGA:  Balai POM Amuntai Kunjungi STAI Rakha

Seusai kegiatan, Hasnuryadi yang akrab disapa Bang Hasnur, mengucapkan terima kasih kepada Kesultanan Banjar yang telah menganugerahi gelar kehormatan kepadanya.

“Saya mewakili keluarga mengucapkan terimakasih kepada Sultan H Khairul Saleh yang telah menganugerahi gelar, dan saya sangat terharu serta berbahagia,” kata Bang Hasnur.

Menurutnya, gelar yang diberikan ini merupakan hasil dari kebaikan yang ditanamkan oleh kedua orangtuanya kepada generasi penerusnya.

“Mudah-mudahan, kebaikan almarhum abah dan mama ini bisa kami lanjutkan bersama anak-anak dan cucu-cucu beliau dalam berbuat baik, serta mengabdi untuk masyarakat Banjar tercinta,” ucapnya.

Secara khusus, Bang Hasnur juga mengucapkan selamat dan berharap kedepannya Kesultanan Banjar semakin banyak menebar kebaikan dalam kegiatan yang bermanfaat seperti apa yang disampaikan Sultan H Khairul Saleh.

BACA JUGA:  TP PKK Kalsel Terus Bergerak Bantu Korban Terdampak Banjir

“Seperti dikatakan beliau, untuk menegakkan syara, meneguhkan adat dan juga merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tutur CEO PS Barito Putera itu.

Disamping itu, Bang Hasnur yang juga menjabat sebagai anggota DPR RI, berharap kelestarian budaya dari para pendahulu dan raja-raja kesultanan Banjar serta masyarakat, harus tetap dirawat bersama dengan baik dan penuh keikhlasan.

“Budaya Banjar harus tetap dijaga dengan baik dan penuh keikhlasan seiring kemajuan zaman,” imbuhnya.

Sebelumnya, Sultan Banjar H Khairul Salah, mengatakan, dalam milad ke-516 Kesultanan Banjar yang mengangkat tema meneguhkan adat, menegakkan syara dan merawat NKRI.

“Semua dimaksudkan, untuk meneguhkan adat budaya tradisi Banjar dari dulu hingga sekarang, serta harus selalu dijaga dan dilestarikan. Seperti ajaran dalam agama Islam, begitu pula budaya Banjar, harus menjunjung kebersamaan, persatuan dan toleransi,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Apel HUT RI di Kalsel Dipimpin Gubernur Berlangsung dengan Hikmat

Sultan berharap, budaya Banjar bisa menjadi salah satu benteng melawan budaya-budaya negatif dari luar.

“Untuk menegakkan syara, masyarakat Banjar yang agamis dan Islam sebagai pegangan hidup dengan meneguhkan adat untuk menegakan budaya, InsyaAllah NKRI akan terjaga dan aman. Mudah-mudahan, dengan penghargaan ini bisa menjadi semangat, spirit dan contoh suri tauladan bagi generasi muda kedepan,” tutupnya.

Reporter : Ahmad Syarif
Editor : Aditya

L

L

Pos terkait