Imam Suprastowo : Lebih Baik Utamakan Kualitas dari pada Mengejar Kuantitas

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Peremajaan Sawit Rakyat ( PSR ) merupakan Program Kementerian Pertanian Dirjen Perkebunan yang bertujuan meningkatkan produktivitas dan kualitas buah kelapa sawit, khususnya untuk perkebunan rakyat.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Suprastowo menuturkan target PSR di Kalsel pada tahun 2018/2020 adalah 10.517 hektar, sedangkan target PSR di tahun 2021 sebanyak 3.500 hektar yang terbagi di 5 kabupaten, yakni Kabupaten Banjar dan Tanah Bumbu masing-masing sebanyak 1000 hektare, Kotabaru, Tanah Laut dan Kabupaten Barito Kuala, masing-masing 500 hektare.
” Program PSR ini untuk membantu petani memperbarui perkebunan kelapa sawitnya dengan kelapa sawit yang berkualitas dan berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan produksi dan produktifitas kelapa sawit mereka ” jelas Imam Suprastowo.

BACA JUGA:  HUT Provinsi Kalsel ke 70 Dilaksanakan Secara Virtual


Lebih lanjut politikus yang juga Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan tersebut mengungkapkan bahwa untuk percepatan program PSR dibutuhkan sosialisasi yang masif dan intensif ke petani dan pendampingan secara komprehensif, mulai dari tahap pengajuan persyaratan hingga implementasi peremajaan di lapangan, mulai dari persiapan tanam, perawatan hingga menjelang panen.

Imam menegaskan gerbang utama keberhasilan PSR adalah penggunaan bibit sawit yang unggul, untuk itulah dirinya lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas.
Jatah 3.500 hektar untuk Kalimantan Selatan dirasa sudah cukup untuk saat ini, selain untuk menjaga kualitas bibit yang nantinya akan digunakan juga karena terbatasnya stok bibit yang tersedia dari para penangkar.
Sebenarnya bisa saja lebih dari 5.000 hektar, namun dikhawatirkan nantinya akan ada lagi bibit-bibit sawit palsu yang beredar hanya karena untuk memenuhi target 5.000 hektar tersebut.
” Lebih baik kita bertahap, namun bibitnya benar-benar yang berkualitas, karena semua akan sia-sia jika kita gagal mengawal keunggulan bibit sawit untuk PSR ini ” jelas Imam.

BACA JUGA:  Pilkada Tanbu, Tuan Guru Bajang Doakan Kemenangan Paslon Satu

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait