Sinergisitas Pemprov Kalsel Mendukung Peningkatan Ekspor Petani Porang Balangan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin-Porang chips asal Kabupaten Balangan, menjadi salah satu komoditas asal sub sektor pertanian dan tanaman pangan di Provinsi Kalimantan Selatan, yang kini menembus pasar ekspor ke Negara Jepang yang dijuluki Negeri Sakura.

Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA, Senin, (12/4) yang hadir dan melepas ekspor perdana ini menyebutkan, bahwa pelepasan ekspor perdana produk pertanian berupa porang chips ini membuktikan dukungan yang kuat terhadap petani dan pelaku usaha pertanian di Kalsel khususnya di kabupaten berjuluk Bumi Sanggam.

”Kabupaten Balangan, menjadi kabupaten pertama di Kalsel yang mengekspor porang ke Negara Jepang. Hal ini menjadikan nilai tinggi bagi kita untuk membudidayakan tanaman porang tersebut. Mudah-mudahan kedepan tanaman porang ini bisa ditanam merata diseluruh Kabupaten di Kalimantan Selatan,” harapnya.

BACA JUGA:  Matangkan Acara HPN, Sahbirin Noor Rakor Bersama PWI Pusat

Pemerintah Provinsi Kalsel melalui dinas terkait akan terus berkomitmen melakukan pendampingan kepada petani dan diharapkan kedepan petani porang di Kalsel akan lebih maju dan meningkat pendapatannya dari hasil budidaya porang ini

Sementara itu, secara teknis, Kepala Karantina Pertanian Banjarmasin, Nur Hartanto menjelaskan fasilitasi karantina ekspor yang telah diberikan pihaknya yakni pada porang yang sudah diolah dalam bentuk chips sebanyak 10 ton, dengan negara tujuan Jepang.

Sebagai koordinator upaya peningkatan ekspor pertanian diwilayah kerjanya, Nur Hartanto menyebutkan pihaknya fokus pada pencapaian target program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Pertanian (Gratieks) yang digagas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

L

Pos terkait