Pengusaha Kalsel Tidak Boleh Cicil THR Tahun 2021

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Aliansi Pekerja Buruh Banua sambangi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan sampaikan aspirasi.

Adapun Aspirasi yang disampaikan diantaranya terkait pemberlakuan Tunjangan Hari Raya (THR) yang harus dibayarkan oleh setiap perusahaan di Kalimantan Selatan.

Koordinator aksi, Yoeyoen Indharto mengatakan, berkaca pada tahun sebelumnya yang masih sama pada masa pandemi, sebagian pengusaha di Indonesia tidak terkecuali Kalimantan Selatan berdalih THR dapat dilakukan secara mencicil.

“THR boleh dicicil sebagi alasan mereka, padahal perusahaan mampu membayar,” ucapnya sesaat melakukan pertemuan dengan Komisi IV DPRD Kalsel, Senin (12/4).

Ia membeberkan, perusahaan industri di Kalimantan Selatan tidak mengalami imbas pandemi Covid-19 yang sangat berat, sehingga masih mampu membayar THR kepada karyawan.

BACA JUGA:  Hermansyah : Pasar Ujung Murung Akan Ditata

Dirinya juga mengakui, industri usaha seperti perhotelan maupun restoran memang mengalami dampak, akan tetapi jenis usaha jasa yang lainnya tidak mendapatkan kendala.

“Usaha makanan dan minuman, CPU, perkebunan, pertambangan meraup keuntungan, jadi jangan dijadikan dalih,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi langkah Dinas Ketenagakerjaan yang membuka posko pengaduan THR. Apabila perusahaan tidak melaporkan kesanggupan membayar THR, otomatis dianggap mampu membayar THR untuk buruh.

L

Pos terkait