Hadapi Ancaman Karhutla, Polsek Kintap Gelar Apel Gabungan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pelaihari- Sebagai bentuk kesiapan TNI, POLRI, BPBD dan Perusahaan PT. PKIS untuk menghadapi bencana karhutla yang memang rawan terjadi di wilayah kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan, Polsek Kintap Polres Tanah Laut laksanakan Apel Gabungan Gelar Peralatan.( 18/3 )

Sebagaimana di ketahui, dampak karhutla bukan hanya dirasakan masyarakat Kabupaten Tanah Laut, tetapi bisa berimbas ke daerah lain, baik dalam segi kesehatan, perekonomian, maupun kerusakan lingkungan hutan.

Kapolsek Kintap Iptu Agus Adi Apriyoga, S.I.K, M.H mengatakan, wilayah kecamatan Kintap memiliki kerawanan terhadap terjadinya bencana, salah satunya yang sering terjadi adalah kebakaran hutan dan lahan, yang sudah menjadi agenda kalender kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) tahunan.
Oleh karena itu, Kapolsek Kintap menegaskan bahwa perlu adanya langkah-langkah pencegahan secara nyata, dalam bentuk kesiapan Satgas Karhutla, guna menyiagakan personel juga sarana prasarana yang akan digunakan untuk mengatasi bencana Karhutla di wilayah Kecamatan Kintap. Terlebih lagi, musim kemarau pada tahun akan lebih panjang, sebagaimana prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BACA JUGA:  Kwartir Ranting Pramuka Martapura Gunakan Aplikasi Game Buatan SMK Telkom Banjarbaru

Camat Kintap Eko Trianto, S.Sos menambahkan, bahwa upaya penanggulangan Karhutla di Kecamatan Kintap harus dilaksanakan secara sinergis antara TNI, Polri, serta stakeholders (pemangku kepentingan) maupun potensi masyarakat lainnya, dan bertindak sebagai leading sector adalah BPBD yang ada di tingkat Provinsi, kabupaten dan kecamatan. “Dikarenakan peralatan dan sarana pendukung yang dimiliki masing-masing instansi dalam penanggulangan karhutla di kecamatan Kintap masih sangat terbatas, maka perlu ada partisipasi, kerjasama, dan koordinasi dari instansi terkait untuk menyiapkan peralatan dan satuan tugas penanggulangan karhutla, sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawabnya, sehingga siap digerakkan sewaktu-waktu ketika bencana Karhutla terjadi,” jelasnya.

Sementara itu, Rius General Manajer PT. PKIS menyampaikan, kegiatan ini wujud kesiapan pihaknya dalam menghadapi Karhutla tahun 2021, perusahaan siap mendukung langkah pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi bahaya Karhutla khususnya di kecamatan Kintap. ” Kita bersama-sama bergandengan tangan ciptakan situasi yang aman dan kondusif ” ucapnya.

BACA JUGA:  Bupati HSS dan Kepala DTPH Kalsel Panen Padi Gogo

Danramil Kintap Kapten M. Jodi menegaskan, Kesiapan Perusahaan PT. PKIS dalam menghadapi Karhutla patut mendapat Apresiasi, karena dengan kepedulian semua pihak maka ancaman Karhutla akan dapat di minimalisir berkat kerjasama kita semua.

 

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait