Pemerhati Lingkungan Tanah Laut Berhasil Ciptakan Pupuk dari Limbah Organik

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Pemerhati lingkungan yang juga merupakan salah seorang penggiat pertanian di Tanah Laut, Amrullah, sukses menciptakan pupuk yang berasal dari limbah organik.

Produk pupuk organik cair yang diberi nama Tala AL Plus (TAP) olahan petani milenial tersebut berbahan baku limbah organik berupa kulit pisang dan tanaman liar yang banyak tumbuh di areal persawahan.

“Limbah kulit pisang biasanya kita ambil dari para penjual gorengan pisang kipas di Bati-Bati dan di tempat-tempat lainnya” jelas Amrullah.

Dalam proses pembuatannya, Amrullah tidak sendiri, dirinya selalu di dampingi Haryanto rekannya yang ahli di bidang pertanian dan pupuk.

Kolaborasi mereka berdua mampu memproduksi berbagai macam jenis Pupuk Organik Cair ( POC ), baik itu POC Vegetatif, POC Generatif maupun POC Fungisida.

BACA JUGA:  OJK Sebut Pertumbuhan Ekonomi Stabil di 2019

“Fungsi dan kegunaan dari POC ini cocok untuk semua jenis tanah dan tanaman ” ucapnya.

Amrullah menambahkan saat ini mereka masih terkendala ijin edar dan ijin produksi, oleh karena itu produk POC Tala AL Plus saat ini hanya untuk kalangan sendiri, namun dirinya berharap kedepannya produksi mereka bisa diminati dan di manfaatkan oleh para petani di seluruh Indonesia.

“Untuk harga ecer 120 ribu per liter, kalau untuk agen 100 ribu, bisa di dapatkan langsung di rumah produksi kami di Taman Labirin Tambang Ulang ” jelas Amrullah.

Untuk langkah kedepan dan jangka panjang, dengan di bantu oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikulturan dan Perkebunan Kab. Tanah laut, yg di dukung oleh BBPP Binuang Kalimantan Selatan, mereka rencananya akan mendirikan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S)

BACA JUGA:  Poktan. Karya Cipta Panen Jagung dari Benih Hibrida Twinn RK 58

“Tujuannya untuk membantu petani milenial lainnya agar lebih menyukai dunia pertanian yang sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa untuk merubah perekonomian mereka ” pungkas Amrullah.

 

Reporter : Tony Widodo

Pos terkait