Komisi I Minta Eks Penjaga Warung Malam Diberi Pembinaan 

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan- Komisi I DPRD Hulu Sungai Selatan ( HSS) meminta pemerintah daerah memberikan pembinaan terhadap eks penjaga warung malam.

Hal itu terungkap saat rapat kerja bersama Pemerintah Kabupaten HSS terkait tindak lanjut dari aspirasi yang disampaikan oleh Mahelis Ulama Indonesia (MUI) HSS terhadap persoalan warung malam yang cukup meresahkan masyarakat.

Ketua Komisi I DPRD HSS, Yopie Alfiani mengatakan hendaknya pemkab memberikan pembinaan kepada eks warung malam untuk mendapatkan bantuan stimulus berupa pelatihan keterampilan dan pembinaan agar mereka tetap mempunyai mata pencaharian setelah usahanya di tutup.

“Bagi masyarakat ber KTP luar HSS akan kita pulangkan ke daerah asal mereka dan mungkin nanti ada kerjasama lintas daerah yang nanti akan minta bantuan eksekutif untuk mengkomunikasikan dengan bagian terkait di daerah mereka,” katanya.

BACA JUGA:  Soal Dana Kelurahan, Pekapuran Laut Kepincut Libatkan Konsultan

Di sisi lain, kata Yopie peran SKPD diperlukan seperti dinas yang terkait masalah ekonomi kreatifnya.

” Dinas pariwisata Dinas Sosial bisa dilibatkan untuk pelatihan wirausaha, bantuan sosial dan nantinya dari Kesra akan menyiapkan mubalig atau juru dakwah, yang memberikan siraman rohani ke mereka agar mempunyai kesadaran emosional,” katanya.

Dirinya juga menghendaki dilakukan identifikasi masalah, tanggapan seluruh SKPD dan masukan anggota dewan, agar persoalan ini dapat terselesaikan

Bagi Yopie, formulanya tidak hanya melakukan penutupan terhadap warung malam tapi mencarikan solusi bagi mereka untuk mencari nafkah, agar kedepannya ketika nanti kita sudah menertibkan, mereka tidak akan kehilangan mata pencaharian.

Reporter : Amutz

Editor : Aditya

Pos terkait