Danlanal Banjarmasin Jadi Narsum KKDN SESPIMTI Polri Dikreg ke-30 Tahun 2021

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M Tr Hanla menghadiri acara pembukaan kegiatan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) dari Peserta Didik Sespimti Polri Dikreg Ke-30 T.A. 2021 secara Virtual.

Bertempat di Ruang Rapat Mako Lanal Banjarmasin Jl Jend A Yani Km 3,5 Banjarmasin. Rabu, 4 Agustus 2021.

Dalam pemaparannya, dijelaskan ruang lingkup tugas pokok Lanal Banjarmasin, antara lain menyelenggarakan dukungan Logistik dan administrasi bagi unsur – unsur Koarmada II dan TNI AL lainnya (KRI, Pesud dan Marinir).

Hal tersebut meliputi 5 R (Rebase, Replenishment, Repair, Rest dan Recreation), peta kerawanan dengan melaksanakan operasi keamanan laut terbatas (Opskamlatas), menjaga potensi maritim (Daerah Pesisir) serta Zona pertahanan di Kawasan Strategis Nasional.

BACA JUGA:  Warga Sungai Jingah Keluhkan Ketiadaan Petugas Kebersihan

Selain itu, tugas pokok Lanal Banjarmasin juga ditujukan pada 14 Pos TNI AL yang terletak di perairan perbatasan wilayah Kalsel dan Kalteng dalam rangka mendukung Intelijen Maritim yaitu melaksanakan kemampuan pengamatan di laut/pantai terhadap semua kejadian dan kegiatan yang dapat menimbulkan kerawanan Hankamneg, sehingga bisa dicegah dan deteksi dini.

Lanal Banjarmasin berperan dalam penanganan dan pencegahan Wabah Covid-19 di Kalsel baik secara internal (Lingkup Prajurit dan keluarga besar Lanal Banjarmasin) maupun eksternal antara lain meliputi kerjasama dengan Forkompimda dalam Satgas Gakplin Wabah Covid-19, Gelar Bansos (berupa bantuan Sembako, bagi masker kepada masyarakat Maritim, donor darah) dan pelaksanaan Serbuan Vaksinasi bagi masyarakat pesisir.

BACA JUGA:  IRT di Sungai Jingah Bikin Kebun Sehat

Danlanal Banjarmasin menjelaskan bahwa sampai dengan saat ini sudah dilakukan vaksinasi sebanyak 7.943 orang dan 800 vial vaksin serta ikut dalam dalam kegiatan Posko PPKM yang di gelar dipintu keluar – masuk ke Kalsel lewat jalur darat maupun perairan atau di pelabuhan – pelabuhan.

“Selama pelaksanaan KKDN ini, diharapkan para peserta didik dapat memanfaatkan data-data yang diperlukan sebagai langkah penting supaya bisa menganalisa kendala dan hambatan yang dihadapi serta mampu memberikan masukan strategis kepada pimpinan. Dan ini merupakan langkah – langkah kebijakan dan pengambilan keputusan,” tutup Danlanal Banjarmasin.

Editor : Eddy Dharmawan

Pos terkait