Kebun Kelapa Jadi Potensi Ekonomi Warga Desa Rantau Panjang Hilir

Wartaniaga.com, Batulicin – Desa Rantau Panjang Hilir, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu memiliki banyak kebun kelapa.

Ini menjadi potensi ekonomi tersendiri bagi warga desa setempat.

Kepala Desa Rantau Panjang Hilir, Abdurrahman mengaku potensi yang ada di desanya ini telah menjadi sektor pendapat warganya disamping aebagai nelayan.

Kades Abdurrahman bersama perangkat desa

” Di desa ini mayoritas adalah kebun kelapa, hampir setiap keluarga mempunyai kebun kelapa yang menunjang perekonomian mereka,” ungkapnya kepada Wartaniaga, Selasa (11/5).

Menurutnya, dengan luas desa 361.9 hektar, sekitar 70 persennya ditumbuhi kebun kepala. Perkebunan kepala ini menjadi sektor ke dua pendapatan warga.

“70% pekerjaan masyarakat di sini nelayan, 20% petani, dan 10% pekerjaan lainnya”,jelas Abdurrahman.

Meski demikian, ia menyayangkan infrastruktur di desanya belum memadai dan mendukung untuk membawa hasil kebunnya ke luar desa.

” Banyak jalan-jalan yang belum rapi atau diaspal, ini menjadi salah satu kendala warga kami,” keluhnya.

Kades berharap, semoga jalan di desanya bisa di aspal.

” Jalan desa kami tidak sampai 1 km, cuma 350 meter di jalan Haji Subuh, jalan Haji Badawi 250 meter, dan jalan akses ke perkantoran yang juga belum di aspal,” tuturnya.

Dirinya dan warga berharap akaes jalan di desanya ini segera bisa dibenahi agar memudahkan warga mengangkut hasil kebun dan lautnya ke luar desa.

” Harapannya, ya diaspal agar hasil desa kami juga bisa dijual ke kota,” tutupnya.

Reporter : Jamil
Editor : Nirma Hafizah

Pos terkait

banner 468x60