HNSI Kalsel Dikukuhkan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Melalui Musyawarah Daerah (Musda), Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Mahligai Pancasila, Rabu ( 14/10).

Ir Hj Suryatinah, Ketua DPD HNSI Provinsi Kalsel mengatakan, adapun program Musda kali ini salah satunya menyusun kepengurusan HNSI Provinsi Kalsel periode 2020-2025 serta program kerja lima tahun kedepan.

“Kita berharap Musda dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan di Kalsel dengan menyusun program untuk meningkatkan SDM nelayan di Banua ini,” katanya.

Sejauh ini, ia juga menilai HNSI Kalsel kurang aktif, padahal potensi perikanan cukup besar mengingat Kalsel memiliki 12 mil lebih luas laut, 2600 km pesisir.

Selain itu, potensi luar biasa juga terdapat 172 pulau dan 30 ribu lebih KK nelayan yang sejauh ini masih harus dibina karena masih menggunakan sistem penangkapan ikan secara tradisional.

BACA JUGA:  Warga 2 Desa di Tala Antusias Ikuti Reses Edi Porwanto

“Dengan peningkatan SDM nelayan produksi tangkapan akan terus meningkatt dan mengami fluktuasi, kendati sejauh ini fluktuasi terus mengalami peningkatan,” jelasnya.

Untuk itu, kedepan banyak PR yang menurutnya harus dilakukan, salah satunya program peningkatan SDM nelayan, sehingga mereka bisa meningkatkan hasil tangkapannya.

Menyikapi pengukuhan kali ini Fathurahman, Sraff Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan mewakili PLT Gubernur Kalsel mengatakan bahwa, kegiatan ini memiliki komitmen dari HNSI untuk berhimpun tingkatkan kesejahteraan nelayan.

“Peranan penting nelayan terasa untuk pembangunan, makanya pemerintah sangat mendukung setiap program guna meningkatkan penghasilan dibidang perikanan,” katanya.

Pos terkait