Benih Jagung Katuju Produksi Kebanggaan Tanah Laut

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pelaihari- Benih jagung hibrida varietas JH37 dari Maros akan diproduksi di Tanah Laut (Tala) dan diberi label “Katuju”. Pemilihan label Katuju ini bertujuan agar benih ini disukai oleh para petani dan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kalimantan.( 14/10 )

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta saat menyampaikan sambutan pada acara Panen Raya Benih Jagung Hibrida Varietas JH37 Berbasis Korporasi Petani di Desa Banua Lawas Kecamatan Takisung, pada Selasa (13/10/2020).

Sukamta juga mengungkapkan keuntungan petani jika menggunakan benih sendiri, angka produksi dapat mencapai angka tujuh ton dan jika dimaksimalkan bisa mencapai 12 ton.
“Kita yakini bahwa unsur hara kita, mikroba wilayah kita akan cocok. Sehingga proses pertumbuhannya akan menjadi lebih baik dan itu akan menguntungkan,” ucap Sukamta.

BACA JUGA:  57 Orang Guru Agama Hadiri Haul Guru Bangil

Menurutnya jika menggunakan benih ini dapat diuntungkan sekitar Rp 20ribu sampai Rp25ribu daripada menggunakan benih produksi luar dan dapat menghemat pengeluaran. Ia menambahkan akan memberi dukungan penuh kepada PT Tunas Widji Inti Nayottama (PT. TWINN) yang nantinya akan memproduksi benih di Tala yang bahan baku produksinya dari masyarakat.

Lebih lanjut ia mengatakan hal ini dapat membuat petani menjadi mandiri dan meningkatkan keuntungan petani lebih besar karena harga yang lebih murah serta biaya yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit.

Pos terkait