Bawaslu HSU : Pemilu Perlu Partisipasi Masyarakat

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menghimbau masyarakat agar berpartisipasi dalam Pengawasan guna meminimalisir pelanggaran pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan tahun 2020.

Hal ini seperti dikemukakan Ketua Bawaslu HSU, Syardani saat membuka sosialisasi pengawasan pemilu partisipasif bersama tokoh masyarakat, ormas, organisasi mahasiswa, LSM dan undangan lainnya di RM Melati Amuntai, Senin (19/10).

Ketua Bawaslu HSU Syardani mengatakan Bawaslu tidak cukup untuk bekerja sendiri tanpa adanya support dan bantuan dari seluruh lapisan masyarakat.

Sehingga melalui kegiatan, Bawaslu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pengawasan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020.

BACA JUGA:  Sekolah di Tala Dituntut Berinovasi

“Kami mengajak semua pihak untuk berpartisipasi, bersama sama dalam menjaga jalannya pemilu, apabila menemukan kecurangan hendaknya melaporkan nya kepada kami,” ucapnya.

Dirinya menyayangkan sikap masyarakat yang apabila menemukan kecurangan tidak sama sekali berusaha melaporkannya. Menurutnya hal tersebut merupakan yang tidak seharusnya ada termasuk tidak sama sekali berpartisipasi dalam pemungutan suara.

Karenanya ia mengakui pentingnya partisipasi ormas, organisasi mahasiswa, LSM dan masyarakat yang sangat dibutuhkan dalam menjaga jalannya pemilu demokratis, aman, jujur dan adil tanpa dicederai seperti politik uang.

” Sehingga pemimpin yang kita pilih dan memimpin kita nanti betul-betul berasal dari suara kita (rakyat),”ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan Bawaslu Provinsi Kalsel H Supriyanto Noor, mengatakan sosialisasi partisipasif sangat ini sangat diperlukan dalam penegakan demokrasi dalam pilkada tahun 2020.

BACA JUGA:  Ratusan Anak Yatim Hadiri Peringatan 10 Muharram di Desa Keramat Haur Gading

” Saya mewakili Bawaslu provinsi sangat mengapresiasi kegiatan ini kepada para masyarakat khususnya para mahasiswa sahabat Bawaslu, setidaknya dengan mengikuti kegiatan ini, dapat memberikan suatu peran bagi kita semua keberanian untuk berperan dalam demokrasi di Indonesia.” Tukasnya.

Editor : Aditya
Sumber : Diskomenfotik Kabupaten HSU

Pos terkait