SHM-MAR Vs ZR, Antara Keluarga Pambakal Melawan Camat

  • Whatsapp
Zairullah (kiri) dan SHM (kanan) saat bertemu di resepsi perkawinan salah satu warga Tanbu

Wartaniaga.com, Batulicin-Ada 3 Pasangan Calon Kepala Daerah Kabupaten Tanah Bumbu yang akan berlaga di Pilkada tahun 2020 ini, yakni Pasangan Nomor 1; Syafruddin H. Maming dan M. Alpiya Rahman (SHM-MAR), Nomor 2 Pasangan Mila Karmila dan Zainal Arifin (MK-ZA), serta Nomor 3 Pasangan Zairullah dan Rusli (ZR). Namun nyaris 2 Pasangan Calon saja yang lebih banyak menjadi perhatian yakni Pasangan SHM-MAR dan Pasangan ZR, sementara Pasangan MK-ZA hanya sesekali mendapatkan perhatian.

Bicara soal Pasangan SHM-MAR dan Pasangan ZR, mengingatkan kembali ke masa Pilkada Tanah Bumbu tahun 2010, saat Mardani H. Maming (MHM) yang merupakan adik dari SHM maju di Pilkada berpasangan dengan Difriadi Darjat yang saat ini adalah Calon Wagub Kalsel berpasangan dengan Denny Indraya.

BACA JUGA:  Tournament PUBG Mobile Dapat Dukungan Penuh Pasangan SHM-MAR

Majunya MHM waktu itu akan berlaga melawan Calon lain diantaranya adalah M. Hamsyuri, SH yang tak lain merupakan kakak dari Zairullah Azhar. M. Hamsyuri yang Mantan Camat Kusan Hilir di Pilkada tahun 2010 berpasangan dengan Ir. Sartono, seorang Birokrat di lingkup Pemkab Tanah Bumbu.

Pelaksanaan Pilkada Tanah Bumbu tahun 2010 diikuti 4 Pasangan Calon, 2 Pasangan Calon lainnya adalah Pasangan Burhanuddin dan Surinto, serta Pasangan M. Iqbal Yudiannoor dan M. Hasbi. Terjadi 2 putaran yang menyisakan 2 Pasangan Calon yang akan maju ke putaran berikutnya yakni Pasangan MHM dan Difriadi Darjat atau Pasangan DaDi (Dani-Difri) melawan Pasangan M. Hamsyuri dan Sartono.

Adik SHM yakni MHM akhirnya mengalahkan kakak Zairullah Azhar di putaran terakhir Pilkada Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2010, dan Pasangan DaDi (Jawa; artinya Jadi) pun dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu Periode 2010-2015.

BACA JUGA:  Camat Kuranji Rutin Bersih Lingkungan Tiap Hari Jumat

Di Pilkada Tanah Bumbu tahun 2020 atau 1 dekade setelah pertarungan adik SHM dan kakak Zairullah Azhar; terjadi, mengulang pertarungan 2 klan keluarga yakni Keluarga Pembakal melawan Keluarga Camat.
Orangtua SHM dan MHM diketahui adalah Mendiang H. Maming merupakan Pembakal atau Kepala Desa Batulicin yang cukup dikenal luas kala itu semasa masih Kabupaten Kotabaru. Sementara itu orangtua Zairullah Azhar dan M. Hamsyuri diketahui adalah M. Arsyad Syamsu merupakan seorang Camat yang cukup lama bertugas di Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru (Marabatuan) yang lebih dikenal dengan panggilan Camat Syamsu. Sementara itu pasangan Zairullah Azhar di Pilkada tahun 2020 yakni HM. Rusli; merupakan Mantan Camat Batulicin dan Camat Mantewe. Dan perlu diketahui HM. Rusli ini merupakan kakak dari Pengusaha terkenal H. Syamsuddin atau H. Isam.

Pos terkait