Pemprov Kalsel Dapat Bantuan 2 Unit Alat PCR

  • Whatsapp

Wartaniaga.Com,Banjarbaru– Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mendapatkan bantuan 2 unit alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mempercepat hasil tes swab.

Ketua gugus tugas nasional Letjend TNI Donu Monardo meminta gugus tugas Kalsel melibatkan komunitas -komunitas serta unsur tokoh adat dan masyarakat dalam pengananan Covid 19.

“Perlu mengedepankan kearifan lokal dengan melibatkan unsur tokoh masyarakat sehingga kegiatan tracing di lapangan berjalan baik,” ujar Doni.

Dirinya menjelaskan kehadiran tim gugus tugas nasional juga sekaligus menyerahkan bantuan 2 unit alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mempercepat hasil tes swab.

“Kita juga menyerahkan ventilator 4 unit, vitamin, oxygen serta alat pelindung diri,” ungkap Doni.

Menko PMK Muhajir Effendie mengatakan kedatangan gugus tugas nasional dalam rangka Monitoring dan evaluasi. Sekaligus menindaklanjuti perintah Presiden RI untuk melakukan koordinasi dengan daerah yang menjadi atensi terkait peningkatan kasus Covid.

BACA JUGA:  Paman Birin Bagikan Sembako Untuk Seniman

“Kedatangan kami untuk melakukan inventarisir apa yang menjadi kekurangan dalam penanganan Covid,” ujarnya.

Ia mengapresiasi atas semangat kegotongroyongan masyarakat di Kalsel, yang sudah baik dalam rangka menghadapi wabah Covid, Pemerintah hanya mendorong dan melengkapi apa yang diperlukan.

Sementara itu, Slamet Mulsiswanto dalam paparannya mengatakan BTKLPP saat ini tak hanya menguji sampel Covid dari Kalsel tapi juga Kalteng.

Jumlah sampel yang yang harus diperiksa tiap hari cukup banyak berdatangan dari berbagai daerah. Sementara tak sebanding dengan kemampuan unit PCR dan sumber daya manusia yang ada BTKLPP.

“Untuk SDM sementara kita dibantu instansi vertikal dan Unlam Banjarbaru,” pungkasnya.

Editor : Aditya
Sumber : Biro Adpim Kalsel

Pos terkait