Objek Wisata Candi Agung Sudah Dibuka, Protokol Kesehatan Tetap Dijaga

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Amuntai- Setelah sempat beberapa bulan ditutupnya objek wisata Candi Agung kini dibuka kembali. Meski demikian, Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menegakan Protokol kesehatan covid-19 bagi par pengunjung.

Plh. UPT Candi Agung Amuntai, H.Subeli,M.AP mengatakan  setelah beberapa bulan sempat ditutup dikarenakan adanya musibah yang melanda HSU,  kemudian adanya pandemi virus corona dan Kamis (/6) lalu dibuka kembali untuk umum.

“Menjaga penyebaran virus corona, kami mengharuskan kepada para pengunjung saat memasuki pintu masuk harus pakai masker, mencuci tangan pakai sabun yang telah disediakan dan juga pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas kesehatan,” jelasnya, Minggu (7/6).

BACA JUGA:  Festival Wisata Budaya Pasar Terapung di Target Menjadi Poros Ekonomi kalsel 2020

Ditambahkannya, apabila diantara pengunjung suhu tubuhnya 38 derajad maka disarankan untuk tidak masuk dulu dan istirahat di luar untuk kemudian diperiksakan kembali apabila sudah turun dari 38 derajad maka pengunjung tersebut dapat dibolehkan masuk kembali

Menurut Subeli,  area Candi Agung sendiri para pengunjung tetap diawasi oleh Tim gugus tugas covid-19 seperti anggota TNI,Satpol PP,Dishub dan Pramuka untuk  memberikan arahan untuk tetap menjaga jarak satu dengan yang lainnya.

Diungkapkannya, jumlah pengunjung  mengalami penurunan lebih dari 50 persen jika dibanding hari biasa tanpa danya pandemi.

Ia  berharap dibukanya kembali objek wisata Candi Agung Amuntai ini dapat mendatangkan pengunjung lagi, baik dari luar kabupaten HSU maupun dari luar Kalsel, seperti Kaltim dan Kalteng.

BACA JUGA:  Grand Final NaGa 2019, Batola dan Banjarmasin jadi Pemenang

“ Kunjungan yang banyak tentu akan memberi kontribusi terhadap peningkatan pendapatan daerah kembali,” tuturnya.

Salah seorang pengunjung dari kota Marabahan, Rahmadi mengaku  senang dengan telah dibukanya objek wisata religi ini.

Ia menilai penerapan protokol kesehatan covid-19 yang diterapkan oleh pengelola objek wisata ini sangat baik mengingat demi menjaga keamanan dan keselamatan  bersama.

“ Penerapan protokol kesehatan ini sangat baik, kami tidak merasa was-was dan tenang ketika berjalan-jalan sekitar objek wisata Candi Agung ini,” ucapnya.

Reporter : Darma Setiawan

Editor : Didin Ariyadi

Pos terkait