Bupati Menegaskan, Disiplin Kunci Utama Perangi Covid-19

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pelaihari- Dengan bertambah banyak pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Tanah Laut (Tala) Bupati Tala H Sukamta, menegaskan agar warga patuhi anjuran pemerintah “Disiplin adalah kunci utama dalam memutus mata rantai penularan Covid-19,”ucap Kamta. ( 12/6 )

Hal tersebut disampaikan saat menyaksikan langsung pemakaman Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Desa Karang Rejo Kecamatan Jorong, pada Kamis (11/06/2020) malam.
Sukamta mengatakan Pemakaman pasien PDP wajib menggunakan protokol pemulasaraan (Protap) jenazah dilaksanakan sesuai Undang – Undang (UU) 4/1984 tentang Wabah Penyakit Menular dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengurusan Jenazah Muslim yang Terinfeksi Covid-19. Juga UU 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

BACA JUGA:  Nutrisi Seimbang dan Kebiasaan Baik Anak Cegah Terpapar Covid-19

“saya harap warga agar dapat mengerti dengan protap jenazah,” ucap Bupati.

Sekretaris Desa karang Rejo Aris Munandar, saat dikonfirmasi Tim Sub bagian Pemberitaan Pemerintah Kabupaten Tala mengatakan untuk penguburan di kampung halaman tidak ada permasalahan dari warga sekitar karena penguburan dengan melaksanakan protap jenazah.

Sebelumnya Sukamta juga menyaksikan langsung pemakaman jenazah PDP di Tempat Pemakaman Umum Angsau dengan protap jenazah dari Tim Pemulasaraan Jenazah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tala.
Sukamta juga mengingatkan kepada warga agar tidak takut memeriksakan diri saat merasakan sakit, karena memeriksakan diri ke rumah sakit adalah salah satu upaya agar penanganan tidak terlambat karena sampai saat ini PDP yang meninggal dunia karena terlambatnya memperiksakan diri kerumah sakit.

BACA JUGA:  Pijat Rifleksi Warnai Stand Rutan Pelaihari Dalam Tala Expo 2019

“Periksakan diri apabila merasakan sakit agar tidak terlambatnya penanganan dan dapat kembali sembuh” tutur Sukamta.

Turut berhadir saat pemakaman jenazah Wakil Bupati Tala Abdi Rahman, Camat Jorong serta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tala.

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait