Ibnu : Ada 20 000 Warga Miskin Baru di Banjarmasin

  • Whatsapp
Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina bersama Pengurus IMA Kalsel

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengungkapkan    akibat pandemi corona ada 20 000 warga miskin baru di Banjarmasin. Hal ini diungkapkannya saat menerima kunjungan dari Indonesia Marketing Assosiation (IMA) Kalsel di kediam dinasnya, Kamis (23/4).

Menurutnya, jumlah ini merupakan tambahan dari warga pra sejahtera yang sudah terdata di Kota Seribu Sungai ini.

” Data warga pra sejahtera di Banjarmasin sebelum corona ada 41.000 dengan adanya wabah corona ini bertambah menjadi 61.00,”jelasnya.

Dikatakannya,  untuk jumlah 41.000 sudah dibantu dengan dana jaringan pengaman sosial dari APBN. Sedangkan yang 20.000 menjadi beban APBD kota Banjarmasin.

” Jumlah ini kami dapat dari mereka yang terdampak corona, karyawan yang kena PHK dan pekerja sektor informal,” ucapnya seraya menambahkan para guru agama yang jumlahnya sekitar 2.000 orang juga kami masukan sebagai penerima bantuan.

BACA JUGA:  SHM-MAR Serap Aspirasi Petani Sawit

Adapun bantuan yang diberikan sebesar Rp 600.000 perbulan selama 3 bulan.

Meski demikian, ia mengakui  APBD kota Banjarmasin hanya mampu memenuhi bantuan untuk satu bulan.

” 600.000 per kepala keluarga untuk 20.000 maka sebulannya kurang lebih Rp 36 M. Melihat hitungan ini, APBD Banjarmasin hanya mampu untuk 1 bulan,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Ibnu pihaknya sudah meminta bantuan kepada pemerintah provinsi agar membantu kekurangan dua bulannya.

” kita mengajukan ke pemprov Kalsel  untuk membantu semoga bisa secepatnya mendapat jawabannya,” harap politisi PKS ini.

 

Editor : Didin Ariyadi

Pos terkait