Akibat Wabah Covid-19, Sebanyak 2.393 Jamaah Umroh Gagal Berangkat

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Jakarta –  Wabah Covid-19 tampaknya tidak hanya berimbas pada Ibadah umroh, dalam hal ini calon jemaah saja tapi juga berimbas pada pemilik bisnis di Arab Saudi, dan bisa dipastikan mereka merasakan kerugian pula.

Para pejabat memproyeksikan sektor hotel di dua kota suci Arab Saudi, Makkah dan Madinah, akan menderita kerugian sekitar 40 persen dibandingkan tahun lalu. Kerugian ini merupakan dampak dari ditutupnya jalur umroh sementara oleh Pemerintah Saudi sejak Kamis (27/2) lalu.

Kerugian dirasakan pula oleh pelaku bisnis terkait umroh di dalam negeri. Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan penyebaran virus corona memang memberi dampak ekonomi ke negara-negara yang terpapar maupun tidak terpapar.

BACA JUGA:  Walikota dan Rektor ULM Salurkan Bantuan pada Warga Banua Anyar

“Karena (Corona) itu semua, sekarang ini negara mungkin mendapatkan kerugian, tentu dampaknya terhadap pengusaha-pengusaha, kepada biro-biro perjalanan, bahkan ada negara yang tadinya surplus sekarang minus, pengaruh virus corona itu luar biasa,” ujar Ma’ruf di Kantor Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (28/2).

Pos terkait