Tingkatkan Perekonomian, Warga Desa Balida Bikin Bumdes PBT

  • Whatsapp
Tingkatkan Perekonomian, Warga Desa Balida Bikin Bumdes PBT

Wartaniaga.com, Paringin – Lewat Pasar Budaya Tradisional (PBT), desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang semata- mata ditujukan untuk mengembangkan ekonomi masyarakat setempat.

Kepala Desa (Kades) Balida, Sahridin mengatakan dalam rangka meningkatkan keekonomian masyarakat, Desa Balida membangun pasar Budaya Tradisional sebagai sarana peningkatan ekonomi tersebut.

“Dibangunnya pasar Budaya ini semoga bisa menambah penghasilan buat masyarakat mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan ekonomi buat masyarakat,” katanya.

Desa Balida Bikin Bumdes PBT

Sahridin mengungkapkan, Pasar Budaya Tradisional tersebut dibangun menggunakan uang Bumdes sebesar Rp60 juta dan dibantu oleh CSR PT Adaro Indonesia.

“Dengan adanya pasar Budaya ini mudahan bisa mensejahterakan dan menambah tingkat perekonomian masyarakat,” harapnya.

BACA JUGA:  Setelah Direnovasi, Retribusi Pasar Tungging Naik Lebih 100 Persen

Tingkatkan Perekonomian, Warga Desa Balida Bikin Bumdes PBT2

Selain itu, dengan adanya pasar Budaya berjenis Bumdes tersebut, Saridin berharap bisa mendapatkan penghasilan 10% dari keuntungkan pasar Budaya Tradisional untuk kepentingan desa setempat.

“Pasar Budaya Tradisional ini selain membuka pencaharian buat masyarakat setempat, kami juga menerima ajakan dari wilayah lain atau desa desa lain yg ingin berbisnis atau ikut menjual kreasinya di pasar Budaya Tradisional ini tp seperti peraturan kami, kami hanya menerima bingkisan sejenis makanan UMKM selain itu kami tidak menerima,” tutupnya.

Reporter : Agus Maulidan
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Agus Maulidan

Pos terkait