Ria Sulap Bakul Purun Jadi Benda Ekonomis

  • Whatsapp
Ria Sulap Bakul Purun Jadi Benda Ekonomis1

Wartaniaga.com, Pelaihari – Selama ini tas purun ( Bakul purun ) hanya dianggap sebagai tas yang cuma dipergunakan sebagai tas tempat buah, ikan dan sayur ketika berbelanja di pasar-pasar tradisional, maka ditangan terampil Ria Manullang, tas purun dibikin menjadi sebuah karya bernilai ekonomis tinggi.

Awal mula Ria memulai usaha kerajian tas purun dari keisengannya memposting tas purun bikinannya di sosial media, tas purun tersebut diperoleh Ria saat membeli buah-buahan di pasar tradisional, kemudian tas yang dipergunakan sebagai wadah buah tersebut dibentuk dan dihias sedemikian rupa sehingga tampak menarik dan mewah.

Bakul Purun Jadi Benda Ekonomis

Saat Ria memposting tas bikinannya tersebut, alhasil tas tersebut diminati banyak orang, terutama kaum ibu-ibu, bahkan saat itu juga tas pertama bikinannya langsung dibeli oleh ASN Kesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan.

BACA JUGA:  Indonesia Kerja Jilid II Harus Miliki SDM Enterpreneurship

Melihat tas purun bikinannya mendapat respon positif, Ria pun akhirnya mulai memproduksi tas purun dengan berbagai kreasinya, bukan hanya satu model saja, namun berbagai macam bentuk dan model juga dibikin dengan tangan-tangan terampilnya, dari model sederhana hingga yang modern dan milenial pun turut dibuatnya.

“Biasanya kalau untuk ibu-ibu tali tasnya yang pendek, sedangkan untuk kaum milenial lebih senang dengan tas yang talinya panjang,” beber Ria.

Seiring berjalannya waktu, tas produksi Ria mulai banyak dikenal masyarakat, event-event pameran pun rajin diikutinya guna lebih membuat tas purun buatannya semakin terkenal.

“Untuk bahan baku, saya mengambil dari pengrajin purun di Banjarbaru, karena kualitas anyamannya rapi,” tambah Ria.

Pos terkait