Dinsos Bangun Rumah Kube Untuk Kurangi Angka Kemiskinan

  • Whatsapp
Dinsos Bangun Rumah Kube Untuk Kurangi Angka Kemiskinan

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin akan membangun wadah bagi warga Banjarmasin yang tergabung dalam program Kelompok Usaha Bersama (Kube).

Kepala Dinsos Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto mengatakan, program pembangunan wadah tersebut merupakan bentuk tahap lanjutan dari Pemko Banjarmasin dalam membimbing masayarakat yang tergabung dalam Kube itu untuk berkembang dan bisa keluar dari zona kemiskinan.

“Nanti hasil karya dari para pelaku Kube ini akan dikumpulkan di salah satu tempat yang bernama Rumah Kube,” ucapnya saat ditemui wartaniaga.com di ruang kerjanya, Jumat (31/01) Pagi.

Rumah Kube Untuk Kurangi Angka Kemiskinan

ia melanjutkan, dengan adanya Rumah Kube itu, nantinya akan membantu untuk mengenalkan dan memasarkan produk buatan mereka kepada masyarakat.

BACA JUGA:  Maming : Gerakan Ekonomi Daerah untuk Mendorong Ekonomi Nasional

“Ada berbagai macam produk yang dihasilkan mereka, ada kerajinan tangan, souvenir dan kuliner,” jelasnya.

Namun demikian, ketika pria dengan sapaan Iwan itu ditanya mengenai tanggal pasti pembangunan Rumah Kube itu, Iwan hanya tersenyum seakan merahasiakannya.

“Nanti tunggu saja tanggalnya, masih ada yang harus disiapkan dan dalam pembicaran dengan SKPD lain tentang hal itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Kemiskinan, Dinsos Kota Banjarmasin, Aep Ruhya membeberkan, ada 20 Kube yang terbentuk pada 2019 kemarin. Setiap kelompok berisi 20 orang, dan setiap orangnya diberikan modal sebesar Rp 2 juta untuk merintis usaha. “Jadi ada 400 orang yang mengikuti program Kube tahun kemarin,” tambahnya.

BACA JUGA:  Ekonom Prediksi Tahun Ini Dunia Usaha Membaik

Namun untuk 2020, pihaknya hanya akan membuka 10 Kelompok yang akan mengikuti program Kube.

Ia berharap dengan adanya program Kube ini bisa membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat yang termasuk kedalam zona kemiskinan. “Ini semua adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat,” tutupnya.

Reporter : Fadlan Zakiri
Editor : Erwand
Foto : Ist

L

Pos terkait