Warga Difabel di Tala Dikasih Sosialisasi Soal Pilkada

  • Whatsapp
Warga Difabel di Tala Dikasih Sosialisasi Soal Pilkada

Wartaniaga.com, Pelaihari – Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Tanah Laut bekerjasama dengan Dinas Sosial ( Dinsos ) Kabupaten Tanah Laut, menggelar kegiatan pendidikan pemilih kepada penyandang disabilitas, Kamis (26/12/2019).

KPU Kabupaten Tanah Laut memberikan sosialisasi kepada pemilih basis penyandang disabilitas dalam kegiatan ‘Pendidikan Pemilih Berbasis Pemilih Disabilitas’ yang dilaksanakan di Media Center KPU Kabupaten Tanah Laut.

Dalam hal ini, KPU Kabupaten Tanah Laut bekerjasama dengan Dinsos, dimana peserta atau masyarakat penyandang disabilitas yang hadir didampingi oleh Penyuluh Sosial Masyarakat ( PSM ).

Difabel di Tala Dikasih Sosialisasi Soal Pilkada

Adapun PMS sendiri merupakan mitra perpanjangan tangan dari Dinsos Kabupaten Tanah Laut dalam menangani kegiatan penyuluhan sosial bidang penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Kabupaten Tanah Laut.

BACA JUGA:  Wahid Pimpin Apel Gelar Pasukan Karhutla

Pada kesempatan tersebut, anggota komisioner KPU Kabupaten Tanah Laut, Rudy Pratikno,SE yang membuka kegiatan, mengucapkan terima kasih kepada peserta sosialisasi yang hadir terutama Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut yang mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Karena melindungi hak pilih bagi setiap masyarakat yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih adalah merupakan tugas KPU sebagai lembaga yang menyelenggarakan pemilihan, dimana ini sudah diatur dalam undang-undang,” tuturnya

.difabel

Raden Wahyudin Syahru R, S.S.T selaku Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut, mengatakan bahwa di perkirakan terdapat sekitar 3000 jiwa penyandang disabilitas yang tersebar di Kabupaten Tanah Laut, dirinya juga menghimbau kepada PSM (Penyuluh Sosial Masyarakat) untuk dapat membantu masyarakat penyandang disabilitas yang belum memiliki KTP elektronik agar segera memilikinya, karena selain sebagai kartu identitas diri.

BACA JUGA:  Tertibkan Pajak Kendraan, 3 Instansi Lakukan Rajia Gabungan

Lanjutnya KTP elektronik juga dapat digunakan untuk keperluan tertentu ataupun sebagai syarat untuk mendapatkan hak sebagai warga negara dan dalam hal ini tentunya hak-hak politik.

“Ini merupakan tugas kita bersama untuk melindungi hak bagi masyarakat penyandang disabilitas, mengingat saat ini KPU Kabupaten Tanah Laut juga mempersiapkan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020 ” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Fendi Haryadi, S.Pi selaku anggota Komisioner KPU Kabupaten Tanah Laut Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM.

Dalam paparannya Fendi memberikan materi tentang demokrasi pemilih, bentuk-bentuk partisipasi pemilih serta pentingnya untuk menghindari hoax, bullying, ujaran kebencian dan pemberitaan Sara yang tidak benar kepada 50 peserta sosialisasi yang hadir, dirinya juga berharap kedepannya agar KPU Kabupaten Tanah Laut dan Dinsos Kabupaten Tanah Laut lebih aktif bekerjasama dalam melindungi hak-hak bagi penyandang disabilitas.

BACA JUGA:  Serap aspirasi, Majelis Dikdasmen Cabang Alabio 1 Gelar Dialog Pendidikan

Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan piagam penghargaan oleh KPU Kabupaten Tanah Laut kepada Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut.

Reporter : Tony Widodo
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Tony Widodo

Pos terkait