Luncurkan Pilgub, KPU Kalsel Siap Jalankan Seluruh Tahapan

  • Whatsapp
pilgub

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan peluncuran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan 2020 yang dihadiri oleh perwakilan dari berbagai elemen masyarakat, di aula Calamus Balroom hotel Rattan In, Minggu (22/12) malam.

Ketua KPU Provinsi Kalsel, Sarmuji dalam sambutannya mengatakan, pihaknya beserta jajaran siap untuk mensukseskan pemilu untuk daerah Kalsel ini. “Kami Siap melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta pemilihan kepala daerah untuk 7 Kabupaten Kota di Kalsel secara bersih dan adil. Kami pun juga sudah melakukan berbagai persiapan guna menghadapi pilkada 2020,” kata Sarmuji.

Ia menyebut saat ini sudah 2 tahapan yang diselenggarakan KPU Kalsel, yakni pedoman teknis jadwal untuk pilgub dan keputusan tentang dukungan minimal untuk calon perseorangan. “Untuk calon perseorangan minimal harus memenuhi dukungan yang tersebar sebanyak 243.880 E-KTP,” ucapnya.

BACA JUGA:  Akibat Bakar Sampah, Dua Hektar Lahan Ikut Terbakar

Resmi diluncurkan Pilgub 2020

Ia melanjutkan, KPU Provinsi Kalsel juga akan menyelenggarakan tahapan penerimaan berkas dukungan untuk calon perseorangan pada 19 hingga 23 Februari 2020. Serta sudah melaksanakan pedoman teknis terhadap pencalonan lewat jalur perseorangan maupun dari partai politik.

“Dengan diadakannya peluncuran ini, seluruh masyarakat Kalimantan Selatan bisa mengetahui akan adanya perhelatan akbar yang akan diselenggarakan pada Rabu 23 September 2020 nanti guna menentukan siapa yang pantas untuk memimpin Banua,” harapnya.

Kemudian, Gubernur Kalsel melalui Asisten 1 Provinsi Kalimantan Selatan Siswansyah mengatakan, sangat berterimakasih atas kesiapan KPU dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur maupun kepala daerah lain yang akan dilakukan secara serentak pada Tahun 2020 nanti.

“Selain pemilihan gubernur kita juga akan menghadapi pemilihan kepala daerah untuk 5 Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kabupaten Balangan. Serta pemilihan Walikota dan Wakil Walikota untuk Kota Banjarmasin dan kota Banjarbaru,” jelasnya.pilgub 2020

BACA JUGA:  Universitas Terbuka Dukung Penuh Program Kampus Merdeka

Menurut Siswansyah, hal tersebut bukan pengalaman pertama yang dihadapi Kalsel. Pasalnya jika berkaca dari pilkada yang sudah-sudah, yaitu 2015, dan 2018 dan pemilihan presiden 2019 kemarin. Ia yakin KPU Kalsel pasti akan bisa mensukseskan pesta demokrasi tersebut.

“Dengan pengalaman dan semangat yang kita miliki, Kita yakin KPU Kalsel mampu melaksanakan pilkada serentak dengan damai, lancar dan adil.” ujarnya.

Ia menambahkan kesuksesan tersebut akan terwujud jika tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda, dan serta personel aparat pengamanan bisa saling bekerjasama dalam penyelenggaraan pemilu mendatang.

Sementara itu, Komisioner KPU RI, Viryan Aziz mengatakan, acara launching pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan kali ini merupakan yang paling meriah.

Pasalnya menurut Viryan, semua perwakilan kompenen masyarakat diundang dalam peluncuran pemilihan Gubernur 2020 ini. “Mulai dari pengurus partai politik, mahasiswa, pelajar, tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga tokoh pemuda juga berhadir dalam upaya mensukseskan perhelatan akbar yang akan kita hadapi ini,” tambahnya.

BACA JUGA:  Kenaikan BPJS Menambah Beban Masyarakat

Ia membeberkan, sebelumnya dari data yang dilakukan oleh lembaga survey, tingkat pengetahuan masyarakat untuk mengikuti pemilu masih dibawah 50%, namun pada kenyataannya tingkat partisipasi secara nasional mencapai 81,6%.

“Hal ini menyatakan bahwa kesadaran masyarakat sudah terbentuk, sehingga berdampak pada naiknya tingkat partisipasi atau keikutsertaan dalam mensukseskan perhelatan akbar di Kalsel ini,” pungkas Viryan.

Dengan demikian, ia berharap pemilihan Gubernur dan pilkada serentak yang akan dilakukan di Kalimantan Selatan nanti akan berjalan lancar tanpa adanya berita hoax yang bisa mengacaukan jalannya pesta demokrasi tersebut.

Reporter : Zakiri
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Zakiri

Pos terkait