Kalsel Tahun 2020, Akan Bangun Unit Pembibitan Kopi

  • Whatsapp
Kalsel Tahun 2020, Akan Bangun Unit Pembibitan Kopi

Wartaniaga.com, Pelaihari – Beberapa program dari Pemerintah terus dilakukan guna meningkatkan pendapatan para pelaku usaha perkebunan di Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, Drh. Suparmi.Ms mengatakan, saat ini Provinsi Kalimantan Selatan memiliki tiga komoditas unggulan, yakni kelapa sawit, karet dan kelapa dalam, namun pihaknya sudah merevisi SK Mentan agar Kalimantan Selatan juga masuk dalam kawasan pengembangan kopi nasional.

Hal tersebut mendapat dukungan penuh dari Direktorat Jenderal Perkebunan, sehingga rencananya tahun 2020 akan dibangunkan unit pembibitan kopi di Kalimantan Selatan, untuk memenuhi kebutuhan kopi bersertifikat.

“Jenis kopi yang kita kembangkan adalah yang sesuai dengan kondisi geografis di Kalimantan Selatan,” ucap Suparmi.

BACA JUGA:  Optimalkan Penerimaan, Pemerintah Mesti Terapkan Omnibus Law Pajak

Ditambahkannya, jenis kopi tersebut adalah yaitu kopi librika yang bisa ditanam dilahan gambut, ini juga termasuk upaya pihaknya untuk menghindari kebakaran hutan dan lahan di lahan sawit dan lahan gambut.

Pembibitan Kopi di Kalimantan Selatan

“Selain librika, kopi jenis robusta juga cocok dikembangkan di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

“Dua kabupaten yang dipush adalah Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Banjar,” ia menambahkan.

Dijelaskannya, untuk kabupaten Tanah Laut saat ini memang sudah memiliki kopi jenis librika, yakni librika Pemalongan dan librika Bati – bati, dan beberapa waktu yang lalu berhasil meraih gelar juara II nasional pada gelaran Kopi Lover Indonesia.

“Untuk robusta, kita juga sudah punya kawasan, yakni kabupaten Banjar,” jelas Suparmi.

BACA JUGA:  Pendatang dari Pulau Jawa Naik 2,7 Persen

“Untuk pengembangan kopi kita akan terus dorong, diharapkan nantinya tidak hanya untuk memenuhi skala nasional, tapi juga untuk skala ekspor,” tutup Suparmi.

Reporter : Tony Widodo
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Tony Widodo

Pos terkait