Loading...
37 views

Marak Kenaikan, Rakyat Indonesia 2020 Kencangkan Ikat Pinggang

Indonesia
Loading...

Wartaniaga.com, Jakarta – Masyarakat Indonesia harus mengencangkan ikat pinggang di tahun 2020 menyusul sejumlah harga yang diatur pemerintah dipastikan naik, dan membuat pengeluaran makin membengkak. Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan, misalnya, naik dua kali lipat sebagai salah,satu contohnya.

Hal ini dikemukakan oleh Pengamat Kebijakan Publik, Universitas Trisakti Jakarta, Profesor Trubus Rahardiansyah mengatakan selain iuran BPJS, pemerintah juga menderek tarif cukai rokok, dan mencabut subsidi listrik untuk daya terpasang 900VA, yang dinikmati 24,4 juta pelanggan.

Lanjutnya, tak hanya itu, tarif jasa transportasi juga disinyalir mengalami kenaikan. Harga tiket angkutan penyeberangan bakal naik sekitar 28 persen, dan sejumlah ruas tol bakal mengalami penyesuaian tarif untuk menghindari potensi kerugian investasi.

Masyarakat Indonesia Mengencangkan Ikat Pinggang di Tahun 2020 Karena Sejumlah Harga yang Diatur Pemerintah Dipastikan Naik

“Rencana ini muncul ketika pertumbuhan ekonomi kuartal III/2019 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan tren perlambatan,” bebernya.

Menurutnya, konsumsi rumah tangga yang berkontribusi sebesar 56,52 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hanya berada di angka 5,01 persen year on year (yoy)—naik tipis ketimbang periode yang sama tahun 2018 sebesar 5 persen yoy.

“Rencana ini mengemuka saat kebijakan pemerintah diarahkan fokus pada menjaga konsumsi domestik di tengah tekanan perlambatan ekonomi global,” terangnya.

BACA JUGA:  Problematika Kebijakan Dana Desa

Profesor Trubus menyimpulkan dengan demikian kenaikan harga sangat kontradiktif dengan tujuan pemerintah untuk menopang perekonomian dengan metode mempertahankan konsumsi.

Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Ist

Loading...
Facebook Comments
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.