Kerukunan Beragama Tak Terlepas dari Peran Perempuan

  • Whatsapp
Perempuan

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Maraknya aksi teror yang terjadi belakangan ini tentu sangat mengganggu kerukunan antar umat beragama, terlebih dominasi aksi selalu menyisipkan isu agama, menanggapi fenomena tersebut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Banjarmasin menggelar kegiatan dialog lintas agama untuk merawat kembali kesatuan dan persaudaraan yang sudah mulai pudar dimasyarakat.

Kasubbid Ketahanan Agama Kemasyarakatan dan Ekonomi Kesbangpol Kota Banjarmasin Ekantyasrini mengatakan acara yang dilakukan di aula Kecamatan Banjarmasin Utara itu dihadiri oleh beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat serta ibu-ibu PKK yang ada di Banjarmasin Utara.

Ia menegaskan Pemerintah Kota Banjarmasin menjamin adanya kebebasan untuk menjalankan agama dan kepercayaan bagi setiap warganya. Apapun agamanya akan mendapat perlakuan yang sama.

BACA JUGA:  BKSDA Kalsel Sosialisasi Pentingnya Perlindungan Flora dan Fauna

Pentingnya Peran Perempuan

Selain itu, menurutnya, perempuan menjadi salah satu sektor penting dalam masyarakat untuk menciptakan kondisi aman dan damai dalam lingkungan kehidupan, “para perempuan menjadi salah satu tonggak utama dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam hidup bermasyarakat” ujarnya.

Ekantyasrini menjelaskan pentingnya peran perempuan karena dalam setiap keluarga pendidikan pertama untuk keluarga adalah berasal dari seorang ibu.

“Kalau ibu yang ada dikeluarga bisa memberikan pemahaman tentang keharmonisan umat dalam hidup dan dilingkungan yang majemuk, maka akan mudah diterima oleh anggota keluarganya” paparnya disela acara dialog interaktif tersebut.

Ajaran Agama Berkaitan Dengan Perempuan

Ia menyebutkan ajang tersebut dimaksudkan untuk mengenali isu yang berkaitan dengan ajaran agama, tantangan globalisasi dan kekuatan konsep dasar pembangunan kerukunan bersama.

BACA JUGA:  HUT Aquarius ke 13 Diwarnai Donor Darah

Ketua Kemenag Kota Banjarmasin H. Muhammad Rofii yang juga berhadir dicara tersebut mengatakan bahwa semua tokoh agama yang hadir dalam acara itu sepakat untuk menjaga keharmonisan persaudaraan dalam hidup bermasyarakat.

“Toleransi umat beragama harus kita tingkatkan,”ucapnya pada awak media.

Ia berharap kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi peserta dan dapat diimplementasikan di masyarakat.

“Kami harap peserta memahami benar yang disampaikan oleh Narasumber nantinya sehingga bisa di implementasikan di masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : Zakir
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Zakir

Pos terkait