Dana DAK Tidak Lancar, Bangun Kelas Tertunda

  • Whatsapp
Dana DAK Tidak Lancar, Bangun Kelas Tertunda

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Pembangunan kelas baru Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Jalan Rambai, Kelurahan Guntung Paikat, Banjarbaru ditargetkan selesai 2019. Namun, hingga sekarang serapan dana yang bersumber pada Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui pemerintah Kota belum juga cair sepenuhnya.

Kepala Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF – SKB) Kota Banjarbaru, Sukardiono, mengatakan pihaknya baru menerima bantuan sebesar Rp 180 juta untuk pembangun dua kelas. Padahal pada akhir Desember nanti, kelas baru yang dibangun dari DAK tersebut harus beroperasi.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Puting Beliung Hancurkan Puluhan Rumah di Batola dan Martapura

Dana DAK Tidak Lancar, Bangun Kelas Tertunda

“Memang DAK ini bertahap tidak sepenuhnya turun maksimal,” ujarnya kepada Wartaniaga.com diruang kerjanya, Selasa (15/10).

 

Sukardi mengungkapkan pihaknya akan membangun dua gedung baru lagi yang dianggarkan masih melalui alokasi dana tersebut sekitar Rp 300 Juta. Bahkan, harapannya dapat terealisasi sesegera mungkin.

“Padahal, normalnya empat bulan sudah cair,” cetusnya.

“Insya Allah, Desember sudah cair semuanya seiring dengan pembangunan gedung baru,” ungkapnya.

Sukardi mengatakan kembali, dalam proses pencairan DAK ini, pihaknya harus menunggu selama 120 hari. Bahkan, yang disayangkan alokasi untuk pembangunan tersebut tidak serta merta turun secara keseluruhan yang bisa mengakibatkan tertundanya pembangunan gedung baru.

“Yang penting bangunan ini harus selesai karena akan digunakan untuk kelas khusus nantinya dari TK sampai paket C,” tutupnya.

BACA JUGA:  Akibat Miras, Pria Paruh Baya Tewas Dianiaya

Reporter : Riswan
Editor      : Hamdani
Foto        : Riswan

Pos terkait