logo wartaniaga

Tol Banjarbaru- Batulicin Dukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Janji calon presiden nomor urut 01 Jokowi untuk menuntaskan proyek jalan tol Batulicin – Banjarbaru, diapresiasi positif anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel), Syafrudin H Maming. Menurutnya, jalan tol Batulicin – Banjarbaru memiliki nilai strategis bagi Kalsel, terutama dalam membuka kawasan ekonomi baru yang akan berdampak meningkatnya kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

Syafrudin H Maming mengatakan, dengan adanya jalan tol Batulicin – Banjarbaru, maka akses jalan darat dari wilayah tenggara Kalsel ke pusat ibukota di Banjarmasin akan semakin mudah dan cepat.

“Jika melalui jalan yang lama, dari Banjarmasin ke Batulicin ditempuh sekitar 5 hingga 6 jam, maka dengan adanya jalan tol tersebut, jarak tempuh diperkirakan hanya sekitar 2 sampai 3 jam,” kata Syafrudin.

BACA JUGA:  Tercatat 7.901 Investor Saham di Kalsel

Dengan akses cepat, lanjut anggota DPRD dari Fraksi PDIP tersebut mencontohkan, mobilitas orang dan barang akan semakin cepat pula. “Ini akan sangat menguntungkan bagi Kalsel, karena dengan jalan tol kebutuhan pokok akan semakin mudah dan cepat terdistribusikan sehingga dapat memangkas biaya, dan harga barang kebutuhan pokok bisa lebih murah,” jelas Syafrudin.

Selain itu, kata Syafrudin H Maming atau akrab disapa Cuncung, terbukanya jalan tol Batulicin – Banjabaru, jelas akan membuka kawasan ekonomi baru. Jika selama ini, perekonomian khususnya perdagangan Kalsel masih bertumpu di Kota Banjarmasin, maka ke depan dengan adanya jalan tol, pusat perekonomian bisa melebar ke wilayah yang lain seperti Tanah Bumbu, dan Kotabaru, mengingat kedua wilayah ini memiliki potensi jika dibarengi terbangunnya pelabuhan laut yang refresentatif.

BACA JUGA:  Alokasi Dana Kelurahan, Kampung Melayu Prioritaskan Infrastruktur dan SDM

Dampak positif lainnya adalah pengembangan kawasan wisata baru. “Jalan tol Batulicin – Banjabaru akan membuka akses munculnya destinasi wisata baru di sepanjang jalannya. Karena lokasi jalan berada di kawasan alam yang indah ,” ujar Cuncung.

Oleh sebab itu, janji capres 01 Jokowi membangun dan menyelesaikan jalan tol Batulicin – Banjabaru harus didukung penuh oleh masyarakat Kalsel. “Saya berharapan proyek jalan tol Batulicin – Banjarbaru bisa masuk dalam proyek nasional di bidang infrastruktur pemerintah pusat ,” tambah Cuncung.

Disisi lain, agar proyek jalan tol tersebut dapat berjalan dengan baik, maka kata Cuncung, peran pemerintah daerah dan DPRD sangat penting. “Pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten yang terkena proyek jalan tol harus aktif melakukan loby ke pemerintah pusat terutama menyangkut anggaran agar jalan tol Batulicin – Banjarbaru bisa terealisasi. Demikian pula dengan DPRD sebagai lembaga legeslatif harus pula aktif mendukung proyek ini,” tandas Cuncung yang juga calon anggota legeslatif Kalsel untuk DPR RI.

BACA JUGA:  Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan di Banjarmasin Ada 30 Kasus

Disisi lain, Cuncung Syafrudin H Maming juga berharap, selain jalan tol Batulicin – Banjarbaru, capres 01 Jokowi juga harus memperhatikan kawasan lainnya di Kalsel seperti “banua enam”. “Saya optimis pak Jokowi akan mewujudkan harapan masyarakat Kalsel dalam pembangunan infrastrukturnya,” ucap Cuncung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *