Tanbu-Kotabaru Akan Gunakan Listrik Kabel Laut

  • Whatsapp
Bupati Kota baru bersama jajaran PT PLN

L

Wartaniaga.com, Kotabaru –Sebagai bentuk komitmen PT PLN (Persero) Wilayah Kalselteng untuk mewujudkan kerja nyata penerangan terhadap negeri, pihaknya merealisasikan sistem kelistrikan kabel laut antara kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Direktur  PT  PLN Persero Regional Kalimantan, Machnison Masrie mengatakan tujuan dialirkannya  kabel laut ini supaya listrik bisa sampai kekotabaru.

Muat Lebih

“ Selain murah karena banyak memiliki pembangkit PLTU, listrik di Kalimantan juga kuat dan besar kapasitasnya” ungkapnya saat penggelaran kabel laut 150 KV sistem kelistrikan Batulicin – Kotabaru, di desa Salino Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kotabaru,Selasa (13/11).

BACA JUGA:  Juhaini Lantik Kepala Desa Sebatung

Menurutnya , proyek ini juga sangat penting bagi PLN untuk efesiensi biaya pembangkit listrik yg ada di kotabaru. Terlebih lagi, katanya sistem ini sudah berjalan untuk pulau Jawa – Sumatera. “ Sudah ada contoh, Jawa-Sumatera jadi kita sudah bisa menghitung efesiensinya” ujar Machnison

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kabupaten Tanah Bumbu,  Drs. H. Avian Noor, mengatakan pembangunan daerah tidak lepas dari sarana dan prasarana termasuk listrik.

“Membangun banua ini tentu tidak terlepas dari upaya kita untuk membangun prasarana, khususnya terkait kelistrikan. Ini  merupakan langkah strategis dalam mengupayakan ketersediaan tenaga listrik untuk pemenuhan kebutuhan listrik di masyarakat” ujar Avian.

Dirinya juga berharap dengan terpenuhinya kebutuhan listrik ini akan memberi dampak peningkatan ekonomi kepada masyarakat. “ Bersama-sama kita tingkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat, melalui semangat menerangi negeri khususnya kabupaten Tanbu dan kotabaru” tuturnya.

BACA JUGA:  Wabup Syamsuri Beri Dukungan Atlet IODI HSS

Disamping itu Bupati kotabaru H Sayed Jafar, mengatakan kelistrikan sangat penting bagi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

“Adanya kabel laut kelistrikan Batulicin-Kotabaru ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di kedua daerah, karena ini dapat menjadi faktor pendorong ekonomi ” paparnya

 

Pada sisi lain, sambung Bupati ketersediaan listrik yang cukup akan dapat menarik minat para investor untuk berinvestasi. “ Ketersedian listrik yang cukup  tentu akan menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di Tanbu dan Kotabaru serta  membuka industri-industri baru yang akan menyerap tenaga kerja kedua daerah” tandasnya.

 

Reporter : Zainuddin

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Zainuddin

Pos terkait