Bank Indonesia : Dibanding Tahun 98, Ekonomi Saat Ini Jauh Lebih Baik

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Bank Indonesia menjamin turunnya nilai tukar rupiah saat ini tidak akan berdampak seperti yang terjadi di tahun 1998 yang lalu. Sebab, secara fundamental ekonomi Indonesia saat ini masih kuat. Demikian dikatakan Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Kalsel, Herawanto  saat Knowladge Sharing dengan sejumlah wartawan di kantonya, Rabu (12/9).

Menurutnya, yang terjadi saat ini adalah faktor sentiment pasar yang berlebihan. “ Tidak perlu khawatir berlebihan, dibanding krisis ekonomi 1998 yang lalu fundamental ekonomi saat ini jauh lebih baik.” Katanya.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Ini Strategi BI Perkuat Rupiah

Ditambahkannya, nilai tukar rupiah yang saat ini melemah lebih diakibatkan kebijakan ekonomi Amerika Serikat sehinga berdampak terhadap perekonomian dunia, tidak terkecuali Indonesia.

“ Sebagai ekonomi nomor satu dunia tentunya semua kebijakan ekonominya akan berdampak terhadap ekonomi negera lain termasuk kita, karena kita juga menggunakan dollar sebagai alat tukar internasional” terangnya

Meski demikian, lanjut Herawanto, Indonesia merupakan negara yang cukup kuat  dan telah mengantisipasi agar gejolak ini tidak  berdampak lebih luas.

“ Belajar dari pengalaman krisis yang lalu, banyak kebijakan yang dibuat pemerinah guna menguatkan ekonomi kita, sehingga secara fundamental negara kita benar-benar siap menghadapi ekonomi seperti ini” ujarnya

Kendati begitu, dirinya berharap masyarakat dapat membantu memulihkan kembali ekonomi dan stabilitas rupiah.

BACA JUGA:  Tercatat 7.901 Investor Saham di Kalsel

“ Bagi pengusaha yang memiliki banyak dollar diharpkan dapat menukarkannya ke rupiah. Dan bagi masyarakat sebaiknya menggunakan barang substitusi ( pengganti,Red) bagi barang- barang import.” Harapnya seraya menambahkan, gunakanlah produk dalam negeri sendiria.

Reporter : Edhy Dharmawan

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Edhy Dharmawan

Pos terkait