Sutarto Hadi Kembali Jabat Rektor ULM

Wartaniaga.com,Banjarmasin –Setelah melewati  berbagai proses dan sempat menjadi polemik, akhirnya pemilihan Rektor Universitas Lambung Makurat (ULM) Banjarmasin digelar, Rabu (12/9). Pada pemilihan itu,   Sutarto Hadi kembali terpilih menjadi Rektor setelah memenangi persaingan dengan 2 kandidat lainnya yakni  Zairin Noor Helmi dan Hadin Muhjad dalam sidang tertutup di Gedung ULM. Dengan demikian, dirinya kembali menduduki jabatan ini untuk kedua kalinya. 

Dari 89 suara yang diperebutkan, Sutarto menang telak dengan mengumpulkan suara sebanyak 59. Sementara refalnya, Zairin Noor Helmi hanya mampu meraup 23 suara. Sedangkan si kuda hitam, Hadin Muhjad hanya berhasil mengumpulkan tujuh suara. Dengan demikian, maka Sutarno Hadi kembali memimpin Universitas tertua di pulau Kalimantan tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Pada tanggal 30 Mei 2018 lalu dilakukan tahap penyaringan bakal calon rektor ULM. Saat itu Sutarto Hadi juga memperoleh suara terbanyak dengan mengumpulkan 31 suara. Diurutan berikutnya adalah Zairin Noor Helmi, 17 suara, Hadin Muhjad 9 suara dan Husaini satu suara.

Akbirnya, Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi menetapkan tiga calon rector ULM berhak mengikuti pemilihan tahap akhir ini.

Dalam ajang pemilihan rektor kali ini dilakukan dengan pengamanan ekstra ketat. Bahkan awak media pun dilarang meliput secara langsung ketika pemilihan berlangsung. Calon patahan, Sutarno Hadi sudah tiba di lokasi pemilihan pada pukul 09.30 WITA. Sedangkan Zairin dan Hadin sudah terlebih dahulu datang di gedung rektorat.

Seperti diketahui, pemilihan Rektor ULM sempat memanas dan menyita perhatian publik Banua,  bahkan sejumlah isu miring mulai penggalangan suara diam-diam oleh Sutarto Hadi. Adanya isu karantina pemilik suara disebuah hotel mewah hingga Sutarno dituding melakukan praktek  kotor mengumpulkan kolega memakai dana Islamic Development Bank (IDB), namun dirinya  membantah semua tuduhan itu.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pilrek ULM, Dr Rosihan Adhani mengatakan akan segera menindaklanjuti hasil pemilihan ini. “ Kami akan secepatnya menindaklanjuti  agar segera di buatkan SK nya karena pada 19 September nanti masa kerja Rektor terdahulu akan habis” terangnya kepada sejumlah awak media

Diirnya juga berharap Rektor terpilih segera bekerja untuk mengejar ketingalan-ketinggalan yang masih ada di universitas tertua di Kalsel ini. “ Seluruh civitas akademika diharapkan dapat mendukung agar universitas kita ini bisa lebih maju dan baik kedepannya” katanya.

Reporter : Fathur Rahman

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Fathur Rahman

Pos terkait

banner 468x60