Wow, Ada Cempedak Berbobot 7 Kg

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Martapura- Buah cempedak atau yang lebih dikenal masyarakat Banjar dengan sebutan tiwadak banyak ditemukan diseluruh wilayah Kalimantan Selatan. Umumnya buah yang mirip dengan nangka ini berukuran antara 1 kilogram sampai 3 kg.

Namun, ada yang berbeda pada Kontes Durian dan Buah Eksotik yang diselenggaran Pemprov Kalsel di Desa Kiram, Kabupaten Banjar, Kamis (24/1).  Pemkab Kotabaru menampilkan buah tiwadak dengan bobot  lebih dari 7 kg, ukuran yang sangat fantastis bagi  buah tiwadak.

Muat Lebih

Menurut, Ari Murti, Kasi Humas Holtikultura Kab. Kotabaru, buah yang menjadi salah satu favorit masyarakat Banjar ini banyak tumbuh di Pulau Sebuku dan pihaknya sengaja mengembangkannya bersama masyarakat.

BACA JUGA:  Peduli dan Merangkul Menjadi Syarat Ketua HIPMI Kalsel

“Masyarakat di Pulau Sebuku masih menggunakan biji untuk menanam dengan memperhatikan buah yang sudah masak, kemudian ditanam dari bibit buah yang paling besar tersebut” ungkapnya kepada Wartaniaga.com.

Dikatakanya, tiwadak  yang ditanam umumnya memiliki varietas unggul, sehinga selain rasanya yang manis juga ukurannya yang besar. “ Rata-rata ukurannya di  atas 4 kg” katanya.

Selain membantu masyarakat mengembangkan, Dinas Holtikultura juga membantu memasarkan dan mempromosikan produk unggulan ini. “ Ini salah satu bentuk promosi kita agar tiwadak Kotabaru lebih dikenal masyarakat dan hasil panen mereka dapat diserap apsar” ujar Ari

Pada kontes ini, tiwadak Pulau Sebuku, Kotabaru ini menjadi perhatian hampir semua pengunjung  dan peserta  dari berbagai Kabupaten dan kota se Kalsel mengingat bobotnya yang sangat fantastis.

BACA JUGA:  Bupati Kotabaru Lantik 8 Kepala Desa

Reporter : Edhy Dharmawan

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Edhy Dharmawan

Pos terkait