Langkah Nyata Pemprov Kalsel Lestarikan Buah Lokal

  • Whatsapp
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor sedang mencicipi buah durian

Wartaniaga.com, Martapura – Komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk melestarikan dan mengembangkan buah khas lokal kiranya tidak perlu diragukan lagi. Langkah nyata dilakukan melalui berbagai kegiatan, salah satunya Kontes Durian dan Buah Eksotis yang diselenggarakan di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kamis (24/1).

Buah Traku dari Kabupaten Balangan

Diikuti seluruh Kabupaten dan kota di Kalsel, selain lomba kontes buah durian, acara yang dihelat olah Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Prov. Kalsel ini juga memamerkan berbagai buah-buah eksotis dan lokal yang asli tumbuh di Kalimantan.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Dinas Pariwisata Kalsel dan kota kenalkan Atraksi Wisata disungai Martapura.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor meminta kepada masyarakat untuk bersama-sama melestarikan buah lokal. “ Mari kita lestarikan tanaman khas dareah khususnya buah-buahan yang hanya tumbuh dan berkembang di Bumi Lambung Mangkurat” ujarnya.

Menurutnya, Pemprov Kalsel melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura sednag mengembangkan bibit varitas unggulan berbagai buah.

“ Melalui kontes ini kita berharap ada varitas unggulan yang akan kita kembangakan sehingga  menjadi ciri khas daerah” kata Paman Birin, panggilan akrab gubernur ini.

Pada kontes ini, si Tapai peserta nomor 35 menjadi juara pertama dengan nilai 790 dari kota Banjarbaru, kemudian  juara kedua dengan nilai 780, si Pengantin yang juga dari kota  Banjarbaru.
Dan durian Ulang-ulang dari Hulu Sungai Selatan (HSS) mendapatkan juara 3 dengan nilai 765.

BACA JUGA:  Lagu Cincin Kawin Paman Birin Bernilai Rp 20 Juta

Selain penilaian durian , panitia juga memberikan apresiasi untuk buah langka yaitu Traku asal dari Balangan, buah ini mirip dengan durian tapi sangat kecil seperti manggis. Juga ada penilaian buah terunik yaitu Kapul Burung buahnya kecil , seperti buah lengkeng berasal dari kabupaten Tabalong.

Reporter : Edhy Dharmawan

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Edhy Dharmawan

 

L

Pos terkait