Pertama di Indonesia, Transmart Banjarmasin Gunakan Pembungkus Berbahan Singkong

  • Whatsapp
Chairul Tanjung dan Ibnu Sina berkeliling Transmart saat pembukaan, Jum'at (8/6)
L

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Kehadiran Transmart di Banjarmasin ternyata bukan hanya mampu menyerap tenaga kerja tetapi juga menciptakan inovasi baru. Pertama di Indonesia, Transmart Banjarmasin menggunakan pembungkus berbahan dasar singkong.

Menurut Corporate Communication GM  Transmart, Satria Hamid, pihaknya selalu berinovasi salah satunya dengan menggunakan bahan pembungkus yang ramah lingkungan.

Muat Lebih

“ Ini pertama di Indonesia, kami menggunakan bahan pembungkus ramah  lingkungan yang berbahan dasar singkong. Dan jika dibuang akan mudah menyatu dengan tanah” ungkapnya kepada sejumlah wartawan saat pembukaan Transmart Banjarmasin, Jum’at (8/6).

Lebih dari itu, sambung Satria, singkong dalam waktu 2 bulan akan membusuk dan  dapat menjadi pupuk sehingga sangat bermanfaat bagi lingkungan.

BACA JUGA:  Lewat Pengajian, HIPMI Jalin Relasi Bisnis

Menariknya, pembungkus berbahan dasar singkog ini bisa didapatkan gratis. “ Meski bahan ini lebih mahal 40 persen dari plastik biasa, kami tetapi berikan secara gratis kepada pembeli” katanya.

Selain itu, pihak Transmart juga menggunakan  produk lokal bakul purun sebagai pembungkus belanjaan. “  Ini komitmen kami bersama pemerintah untuk menggembangkan produk  lokal dan bakul purun juga akan kita distribusikan ke jaringan  Transmart di seluruh Indonesia” ujarnya.

Ditambahkannya,sudah  ada 1 200 produk umkm lokal yang telah masuk  display di pusat perbelanjaan yang mengusung konsep 3 in 1 ini.  Dan untuk tenaga kerja, pihaknya mengaku telah memperkerjakan 90 persen tenaga lokal.

“ Produk umkm sudah terdisplay sebanyak 1 200 dan tenaga kerja yang kami gunakan 90 persen SDM lokal atau sekitar 800 orang” terangnya.

BACA JUGA:  Perangi Kantong Plastik, Pemko Banjarmasin Bagi Ribuan Bakul Purun

Sementara itu, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyambut  gembira kehadiran pusat perbelanjaan moden ini. Terlebih lagi, penggunaan kantong belanja yang ramah lingkungan sejalan dengan program pemko Banjarmasin.

“ Tentunya kehadiran Transmart mempu menyerap tenaga kerja  dan program pembukungkus ramah lingkungan yang dimiliki mereka sejalan dengan pemko Banjarmasin yang sudah lama mensosialisasikan pelarangan penggunaan kantong plastik” ujarnya.

Pembukaan Transmart ke 112 ini  dihadiri langsung Chairul Tanjung selaku Chairman Trans Ritel, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan  Karo Ekonomi Pembangunan Prov Kalsel, Gt Yanuar Noor  Rifai.

Reporter : Edhy Dharmawan

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Edhy Dharmawan

L

Pos terkait