Mau Seger – Fresh Saat Berpuasa ? ini caranya !

  • Whatsapp

Wartaniaga.com– Komponen sumber pengatur bagi tubuh, yaitu buah dan sayuran, buah disini buah segar Mateng dan sayur disini sayur yang segar bervariasi, merupakan  salah satu sumber makanan pengatur yang penting bagi tubuh. Buah dan sayur mengandung zat gizi yang sangat penting bagi tubuh.

GIZI yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran diantaranya yaitu vitamin dan mineral merupakan zat mikro. Zat-zat tersebut pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk melakukan proses metabolisme. Apabila zat-zat tersebut tidak terpenuhi, maka dapat menyebabkan gangguan proses tubih atau keluhan penyakit. Oleh karena itu, usahakan tubuh Anda tercukupi oleh asupan gizi mikro dari buah dan sayuran.

Muat Lebih

Tidak dipungkiri jika kita konsumsi buah segar,fresh,berkwalitas dan sayuran yang bagus tentu dikonsumsi mempunyai manfaatnya bagi tubuh. Hampir diketahui masyarakat pentingnya buah

Tapi pada sebagian orang yang tidak suka buah dan sayur bisa jadi karena tidak terbiasa,malas konsumsi terutama buah, sedangkan yang mereka kurang konsumsi sayur biasanya ingin praktis sehingga kadang tidak terpenuhi baik sayur dan buah. Memang pada kasus tertentu sangat minim jika tdk konsumsi sayur dan buah.

BACA JUGA:  Cegah Anjlok, Jangan Sampai IPM Hanya Angka Semata

 

Sayur dan buah merupakan contoh makanan yang menjadi penopang zat-zat vitamin dan mineral. Buah-buahan dan sayuran memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Manfaat  buah dan sayuran bagi tubuh kita.

Mencegah obesitas, bagi Anda yang mengalami kelebihan BB/ obesitas, Anda perlu mengonsumsi buah dan sayuran SECARA tepat,teratur dan jumlah yang cukup banyak. Buah dan sayuran memiliki kandungan serat yang cukup banyak sehingga dapat membantu mengurangi atau menunda rasa lapar. Hal ini tentu membantu Anda untuk mengurangi frekuensi dan porsi makan Anda. Kandungan Serat dalam sayur dan buah akan membuat tubuh merasa kenyang. Konsumsi buah dan sayur dapat mengandung kalori yang rendah dibanding kan Anda konsumsi kue2 manis, selain itu, buah dan sayuran juga bebas dari lemak jahat sehingga konsumsi buah dan sayur lebih aman. Konsumsi buah dan sayur secara rutin dapat membantu tubuh dalam proses pembakaran kalori tubuh.

Sapu bersih disaluran cerna sayuran dan buah-buahan banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat yang terkandung dalam sayur dan buah mampu melancarkan ekskresi dalam tubuh. Konsumsi buah dan sayur mayur mampu melancarkan buang air besar. Buah dan sayur juga dapat menghindari tubuh bagi Anda yang punya penyakit penyakit wasir.

BACA JUGA:  Antispasi Banjir, Perkuat Mitigasi Bencana dan Membuat Bendungan

Manfaat bagi kesehatan jantung,terutama penyakit Jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh asupan lemak jenuh dan makanan manis serta karbohidrat komplek yang ber lebihan. Buah dan sayur mampu mengurangi kadar sistein, dimana sistein adalah zat yang mampu meningkatkan risiko penyakit jantung. Zat yang terkandung dalam sayur mayur dan buah diantaranya yaitu vitamin B,C,A, mineral, magnesium, asam folat, dan zinc dan kadar air

Senyawa-senyawa tersebut mampu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Manfaat Mengurangi/mencegah keluhan persendian Anda.

Buah dan sayuran mampu mencegah penyakit persendian, misalnya sendi kaku. Konsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral dapat mencegah terjadinya kaku sendi.

Manfaat mencegah

Penyakit kanker,dimana penyakit merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi di Indonesia. Kanker adalah pertumbuhan sel-sel yang tidak normal. Penyakit kanker dapat diatasi dengan program  diit buah-buahan. Buah-buahan maupun sayuran yang mengandung senyawa antosianin dan lycophene mampu mengatasi kanker. Selain itu dalam buah-buahan juga terkandung zat-zat anti karsinogenik seperti mineral, antioksidan, serat, fitokimia, dan vitamin.

BACA JUGA:  Tahun 2019, 4 Kebijakan Berani Dikeluarkan Presiden Jokowi

Manfaat mengandung antioksidan, buah dan sayuran merupakan salah satu sumber utama antioksidan. Hal ini membuat buah dan sayur mampu mengatasi radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh akibat adanya polusi lingkungan. Radikal bebas mampu merusak sel-sel dalam tubuh. Beberapa buah dan sayur yang kaya antioksidan diantaranya yaitu apel, sirsak, tomat, semangka, manggis,jeruk,melon,strowbery..dan yang lainnya yang segar. Sedang sayuran,seperti labu.kuning,kecamcah,labu Siam,brokoli,kembang kool,buncus,kangkung dll.yang segar.

Yang penting disaat puasa ini konsumsi buah 250gr minimal(dua buah penukar) dan sayuran minimal 300gr (3 porsi) Anda atur dengan pola makan sahur dan berbuka.

Ingat pola dasar komponen pemenuhan zat gizi mikro tetap menjadi perhatian bukan yang Anda perhatikan zat gizi makro saja. Bagaimana pun juga kesehatan Anda optimal tercapai dari kombinasi zat gizi makro dan mikro serta konsumsi air.

Selamat berpuasa semoga semakin fresh dan seger serta sehat tentunya untuk tubuh Anda

 

Wahyu Hardi Prasetiyo,SSTG,MPH,RD

Dietetien RSUD ULIN BJM

PRAKTEK GIZI-DIETETIK

Klinik spesialis

 

Pos terkait